Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut Kota Medan, Sumatera Utara, bakal menjadi tuan rumah pertemuan segitiga pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand kelima dewan wali kota untuk kota hijau (5th IMT-GT GCMC) yang digelar Oktober 2022.

"Insya Allah kami akan memberikan yang terbaik, sehingga rapat dewan wali kota untuk kota hijau IMT-GT kelima di Kota Medan bisa berjalan sukses dan lancar," terang Bobby di Medan, Selasa.

Hal ini dikatakannya usai menerima Direktur Centre for Indonesia-Malaysia-Thailand Sub Regional Cooperation-Growth Triangle (CIMT-GT) Firdaus Dahlan dan jajarannya di Balai Kota Medan.

Pada forum yang dihadiri sejumlah dewan wali kota dari ketiga negara di kawasan Asia Tenggara ini, lanjut dia, Kota Medan juga berharap bisa menyumbangkan apa yang menjadi target Indonesia dalam IMT-GT itu.

Wali kota juga menginginkan mendapat dukungan IMT-GT untuk mewujudkan program Medan Terang yang tengah diwujudkan oleh Pemerintah Kota Medan tahun ini.

"Termasuk pengolahan sampah. Selain mewujudkan kebersihan, dan juga diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomis bagi warga Kota Medan," terang Bobby.

Direktur CIMT-GT, Firdaus Dahlan, sebelumnya sempat memaparkan secara rinci pertemuan 5th IMT-GT GCMC menekankan pilar utama, di antaranya pariwisata, pertanian dan produk lainnya.

"Kerja sama ini dilakukan untuk pembangunan kota berkelanjutan. Kita sudah menetapkan 'Sustainable Urban Development Framework' 2019-2036. Ini sudah didukung pertemuan kepala negara ke-12 pada 2019," jelasnya.

GCMC sendiri, terang dia, merupakan forum kerja sama para wali kota di IMT-GT yang akan melakukan pertemuan pada 1-2 Agustus mendatang di Thailand.

"Kami berharap jika ada waktu, pak Wali Kota Medan bisa hadir. Banyak manfaat yang bisa diperoleh, apalagi Kota Medan menjadi tuan rumah GCMC berikutnya," tutur dia.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022