Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu membagi-bagikan belasan sepeda kepada dokter cilik pelajar SD dan murid TK, sebagai hadiah atas menjawab pertanyaan yang diberikan olehnya dengan benar.

Hal itu dilakukan di sesi terakhir peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia tingkat Kota Medan di SD Pertiwi, Jalan Budi Pembangunan, Kelurahan Pulo Brayan Kota, Medan, Kamis (21/7).

"Apa anak-anak mau hadiah?," kata istri Wali Kota Medan Bobby Nasution dengan ramah sambil tersenyum sembari duduk lesehan.

Pelajar SD dan murid TK se Kota Medan ini secara serentak langsung menjawab mau, tanpa diberi aba-aba sebelumnya. 

Baca juga: Pemkot Medan: Nakes berperan sukseskan program wisata medis

"Siapa yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar, ibu akan berikan hadiah. Ada sepeda, ada hadiah langsung dari ibu. Sekarang siapa yang mau jawab pertanyaan ibu?," tanya putri Presiden Joko Widodo ini.

Seluruh pelajar langsung tunjuk tangan ke atas dan menjawab serempak, "saya bu". Ketua TP PKK Kota Medan ini pun memilih seorang murid TK dengan memintanya menyebutkan lima nama ikan.

Bocah laki-laki yang bernama Utah ini langsung menjawab dengan benar. Setelah itu, Kahiyang menawarkan sepeda atau hadiah langsung darinya. "Saya mau hadiah dari ibu," jawab Utah.
 
Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu berinteraksi dengan murid TK di Medan, Kamis (21/7/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)


Meski berulang kali ditawari sepeda, tetapi Utah menolak dan ingin hadiah langsung. Begitu juga ketika sang ibu memintanya memilih sepeda, bocah yang mengenakan pakaian adat itu tetap menolak.

"Saya nggak mau sepeda, mau hadiah dari ibu," jawab Utah, sehingga membuat seluruh yang hadir terlihat tertawa.

Jawaban Utah itu juga membuat Kahiyang Ayu ikut tertawa. "Jadi, Utah mau hadiah dari ibu ya. Ikhlas kan saja ya, bu," terangnya kepada ibunda Utah, sepertinya tidak setuju dengan pilihan putranya itu. 

"Jadi kita berterima kasih sama Utah, karena telah memberikan hadiah sepedanya kepada kita," ungkap Kahiyang Ayu disambut tepuk tangan seluruh peserta yang hadir.

Lantas istri Wali Kota Medan ini pun melanjutkan pertanyaannya ke pelajar lain dan semua dijawab dengan benar, sehingga belasan hadiah sepeda yang disediakan pun habis.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu mengajak para bunda, pelajar SD dan murid TK untuk mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, baik sebelum atau sesudah beraktivitas.

"Ini harus menjadi kebiasaan bagi anak-anak kita  sejak usia dini agar seluruh keluarga hidup sehat. Semoga kegiatan ini meningkatkan kesadaran kita dalam memelihara kebersihan dan kesehatan," tutur Kahiyang.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022