Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia ( BKSDM) Kabupaten Padang Lawas ( Palas) menggelar kegiatan pendidikan dan pelatihan ( Diklat) arsiparis bagi sekitar 80 orang PNS perwakilan masing - masing OPD ( Organisasi Perangkat Daerah) Pemkab Palas, 

Acara ini dibuka langsung oleh Sekda Palas Arpan Nasution, S.Sos, di Aula Hotel Syamsiah, Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Selasa (19/7) pagi.

Mengawali sambutannya diacara ini, Sekda Arpan, mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada seluruh tamu undangan, narasumber dan pesrta atas kehadiran mereka diacara tersebut. 

Dikatakan Arpan, pekerjaan seorang arsiparis tidaklah mudah. Dan perlu memiliki ketelitian dan kehati - hatian dalam mengelola, juga menjaga arsip kegiatan yang telah dilakukan. Kemudian menjaga ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya sebagai alat bukti yang sah. Serta menjaga keselamatan dan kelestarian arsip sebagai bukti pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Untuk itu, Sekda Arpan menekankan kepada seluruh peserta acara ini supaya mengikuti kegiatan tersebut dengan  sungguh - sungguh. Dengan memanfaatkan momen diklat berharga tersebut, sebagi wadah tempat meraup ilmu pengetahuan sebanyak - banyaknya untuk diimplementasikan disetiap OPD masing - masing peserta kedepan.

"Dengan adanya diklat ini, diharapkan dapat menghasilkan arsiparis yang handal dan bisa bekerja secara optimal di seluruh OPD Pemkab Palas kedepan".sambung Sekda Arpan berharap.

Sebelumnya, Kepala BKSDM Palas Adi Putra Halomoan Hasibuan dalam laporannya menyampaikan, kegiatan Diklat Arsiparis ini akan digelar pihaknya hingga hari Sabtu (23/7) depan. Sebagai narasumber kegiatan ini, pihaknya mengadirkan Kepala Bidang Arsip, Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Provinsi Sumatera Utara ( Provsu) Herli Selbi Simanjuntak, SE, M.Si, bersama rekannya Fungsional Arsiparis Sinondang Masniari. Juga tim fasilitasi dari BPSDM Provsu Sulastri Sriani, S.Sos bersama rekannya Neny Prestiany, SE.

Kegiatan ini turut dihadiri Kabid Pengembangan Kompetensi Aparatur BKSDM Palas Fitri Yani Lubis, bersama sejumlah pegawai lainnya, di lingkungan BKSDM Palas tersebut.

Pewarta: Ashari

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022