Festival seni nasyid tingkat kabupaten Asahan telah melahirkan pemenangnya, namun tim nasyid yang keluar sebagai pemenang tidak mutlak menjadi perwakilan tingkat provinsi.

" Peserta terbaik pertama tidak mutlak akan menjadi Duta Kabupaten Asahan untuk mengikuti Tingkat Provinsi Sumatera Utara," ucap Bupati Asahan, H Surya, Sabtu (16/07) usai menutup festival.

Bupati menjelaskan nantinya akan diadakan seleksi dan Pemusatan Latihan (TC) untuk meningkatkan kwalitas agar lebih baik sehingga mampu membawa nama Kabupaten Asahan di Tingkat Provinsi bahkan di Tingkat Nasional, sebagaimana yang pernah diraih oleh tim nasyid putra Asahan di Tingkat Nasional pada era Tahun 2007 di Maluku Ambon. 

" Mari kita raih kembali prestasi itu dalam mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter," sebut Bupati.

Kepada tim nasyid yang belum berhasil, Bupati meminta tim agar terus berlatih dan memacu diri untuk berprestasi di kesempatan yang akan datang. Diharapkan  kepada semua pihak, baik kepada yang menang maupun yang belum untuk terus memberikan  semangat berfestival janganlah sampai menggeser niat ikhlas untuk melestarikan kesenian Islam tersebut.

" Mari kita berikan perhatian dan tanggung jawab, agar penyelenggaraan festival Seni Nasyid ini memberi bekas dan pengaruh positif yang tampak dan dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan masyarakat kita kedepannya," ungkap Bupati.

Adapun pemenang seni nasyid 2022 yakni tim Putra. Juara I  Kecamatan Tanjung Balai, Juara II Kecamatan Kota Kisaran Timur, Juara III Kecamatan Kota Kisaran Barat. Harapan I Kecamatan Air Batu, Harapan II Kecamatan Setia Janji, Harapan III Kecamatan Buntu Pane

Sedangkan tim Nasyid Putri,  Juara I  Kecamatan Sei Dadap, Juara II Kecamatan Kota Kisaran Timur, Juara III Kecamatan Kota Kisaran Barat  Harapan I Kecamatan Tanjung Balai. Harapan II Kecamatan Sei Kepayang, Harapan III Kecamatan Meranti

Vokalis Terbaik Putra, Sukri Rahman Kecamatan Tanjung Balai, Putri Deviara Lestari Kecamatan Sei Dadap. Intrumen Terbaik Putra Kecamatan Kota Kisaran Timur, Putri Kecamatan Sei Dadap. Busana Terbaik Putra Kecamatan Tanjung Balai,  Putri Kecamatan Kota Kisaran Timur.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022