Sebanyak 287 mahasiswa Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Kabupaten Serdang Bedagai di lima kecamatan yakni Kecamatan Pantai Cermin, Pegajahan, Bintang Bayu, Sei Rampah dan Teluk Mengkudu. 

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Serdang Bedagai Faisal Hasrimy di Seirampah, Rabu, mengatakan, pihaknya berharap mahasiswa UISU yang melaksanakan KKN dapat memberikan kontribusi nyata membantu pemerintah dalam membangun Kabupaten Serdang Bedagai.

"Saya mengajak dengan semangat agar seluruhnya mengoptimalkan potensi, tugas dan fungsi masing-masing dalam mewujudkan kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Serdang Bedagai," katanya.

Ia juga berharap mahasiswa melaksanakan KKN dapat melakukan identifikasi masalah yang ada dalam masyarakat, sebagai bahan masukan bagi berbagai pihak untuk perbaikan pada masa mendatang.

Sebagai kaum intelektual dan pembaharu, kata dia, mahasiswa harus memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan dan meningkatkan kualitas sehingga dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi suksesnya pelaksanaan pembangunan.

Dalam konteks ini, diharapkan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan perguruan tinggi melalui kuliah kerja nyata dapat diorientasikan pada penyiapan mahasiswa sebagai sarjana pendamping masyarakat.

"Diharapkan juga mahasiswa berperan aktif mengembangkan sikap dan jiwa kewirausahaan atau enterpreneurship yang tangguh," katanya.

Ia mengatakan mahasiswa yang mempunyai banyak kelebihan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, diharapkan mampu meningkatkan atau menumbuhkan motivasi dan inovasi masyarakat untuk lebih maju dalam pembangunan ekonomi dan pendidikan.

"Untuk melakukan berbagai upaya pembangunan di Serdang Bedagai ini, dalam rangka mengejar berbagai ketertinggalan, kita akan terus berusaha melaksanakan berbagai program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk mewujudkan visi mewujudkan Serdang Bedagai yang mandiri, sejahtera dan religius," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022