Bupati Asahan, H Surya BSc membuka festival Seni Nasyid Kabupaten Asahan Tahun 2022  di lapangan SDN 010106 Desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji, Selasa (12/07).

Pembukaan festival ini diawali dengan pawai ta'aruf dari peserta Nasyid/Qasidah Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Asahan dan diikuti oleh pihak Kecamatan, Kelurahan/Desa serta masyarakat sekitar Kecamatan Setia Janji.

Usai mengikuti pawai ta'aruf Bupati Asahan bersama unsur forkopimda Kabupaten Asahan beserta tamu undangan menuju mimbar utama untuk membuka Festival Seni Nasyid/Qasidah Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022.

Bupati  mengatakan festival seni nasyid ini adalah sebagai arena untuk mengetahui sampai sejauh mana hasil pembinaan yang telah dilakukan mulai dari Tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan sampai ke tingkat Kabupaten yang pada hakikatnya, sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Asahan dalam mewujudkan visi misi Asahan Sejahtera yang Religius dan berkarakter. 

Terkait peserta, Bupati  menegur 4 Kecamatan yang absen mengirimkan tim nasyid dalam festival seni Nasyid tingkat Kabupaten Asahan ." Hal ini menjadi salah satu penilaian kami untuk mengevaluasi kinerja para Camat," ucap Bupati.
 
Sementara itu, Buwono Pramana yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat melaporkan festival Seni Nasyid ini dilaksanakan selama 4 hari sejak tanggal 12-15 Juli 2022 dengan peserta berjumlah 638 orang terdiri dari 294 Putra dan 344 Putri yang berasal dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan

Cabang yang diperlombakan yakni Cabang Qasidah Klasik sebanyak 46 grup, Putra 21 grup, Putri 25 grup. Adapun Kecamatan yang tidak mengirim grup nasyid putra adalah Kecamatan Sei Kepayang, Sei Kepayang Timur, Simpang Empat dan Bandar Pulau.

"Untuk Cabang Bintang Vokalis terdiri dari Anak-anak Putra 10 orang, Anak-Anak Putri 14 orang, Remaja Putra 12 orang, Remaja Putri 12 orang, Dewasa Putra 14 orang, Dewasa Putri 13 orang. Dan yang terakhir Cabang Pop Religi terdiri dari Anak-anak Putra 11 orang, Anak-anak Putri 13 orang dan Remaja Putra 16 orang, Remaja Putri 17 orang", lapor Buwono.

Menutup laporannya Buwono mengatakan peserta terbaik nantinya akan diberikan hadiah berupa sertifikat, uang tunai dan sebagai Duta Kabupaten Asahan di Tingkat Provsu.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022