Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengajak masyarakat mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Padang Lawas (Paluta) yang digelar serentak pada Selasa, 12 Juli 2022.

Panca mengatakan, peran serta masyarakat sangat penting dalam menciptakan situasi aman dan kondusif sehingga pelaksanaan Pilkades berjalan lancar tanpa adanya gangguan.

"Kami mengajak seluruh komponen masyarakat berpartisipasi aktif menciptakan situasi yang damai dan membantu pihak Kepolisian guna menjaga ketertiban dan keamanan pelaksanaan Pilkades," ucap Panca, di Medan, Senin.

Panca menyebutkan, tidak hanya masyarakat, unsur pemerintah kabupaten dan pemangku kepentingan terkait berpartisipasi dalam mewujudkan Pilkades aman dan damai.

"Masyarakat juga diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat memberikan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS)," ujarnya.

Kapolda menjelaskan, sebanyak 550 personel Polda Sumut dan Polres jajaran telah diturunkan untuk mengamankan Pilkades di Kabupaten Paluta.

Diturunkannya personel tersebut untuk membantu Polres setempat dalam rangka pengamanan dan mengantisipasi terjadinya kerusuhan selama berlangsungnya Pilkades.

"Sampai saat ini situasi Kamtibmas masih dalam kondisi aman dan kondusif, kita berharap dapat tetap demikian hingga pesta demokrasi selesai," kata Kapolda Sumut.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022