Pemkab Labuhanbatu Utara berencana akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) guna mengantisipasi penyakit Lumpy Skin Disease Virus (LSDV) yang belakangan ini telah menjangkit di beberapa wilayah di Indonesia.

Demikian dikatakan Bupati Labura Hendriyanto Sitorus SE MM saat berbincang santai dengan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di taman rumah dinas bupati, Rabu.

"Kita berencana akan membentuk Satgas terkait penyakit yang menjangkiti lembu sekarang ini," ujarnya saat disinggung upaya yang akan dilaksanakan mengantisipasi dan mencegah penyakit itu.

Pihaknya, lanjut bupati, akan bekerjasama dengan aparat penegak hukum demi kelancaran tugas Satgas nantinya. Salah satu tugas Satgas adalah untuk mencegah melintasnya lembu/kerbau yang belum memiliki surat keterangan sehat di wilayah Labura.

"Kalau tidak ada surat keterangan sehat atas ternak yang dibawa, maka kita akan suruh putar arah," jelasnya terkait tugas yang akan dilakukan satgas nantinya. 

Dengan demikian, diharapkan penyakit yang sekarang mulai menjadi bahan perbincangan masyarakat di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok itu akan dapat diantisipasi dan tidak menyebar luas.

Pewarta: Sukardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022