Dua orang atlet asal Sipirok yang hendak mengikuti Kejuaraan Trip Para Layang Indonesia dan Bhakti Sosial TNI AU Tahun 2022 di Jambi akhirnya bernafas lega setelah adanya perhatian Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel).

"Patut bersyukur dan berterima kasih. Berkat bantuan Pemkab (Bupati) Tapsel akhirnya kami jadi berangkat mengikuti kejuaraan para layang Jambi 2022," kata pendamping atlet, Raja Dqoli Siregar kepada ANTARA, di Sipirok, Minggu (5/6).

Sebelumnya dua pilot para layang asal Dusun Garoga, Desa Saragodung, Iqmal Yunus Nasution dan Mahlul Yusuf Siagian sempat terancam gagal ikut ambil bagian kejuaraan di Jambi dengan alasan keterbatasan biaya.

"Namun, alhamdulillah setelah mendapat informasi kesulitan dana Pak Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu langsung respek. Akhirnya komunikasi ke Pak Sekda Parulian Nasution dan KONI Tapsel bantuan biaya terealisasi," kata Raja Doli.

Bahkan menurut rencana kedua atlet para layang yang akan membawa  mengharumkan nama daerah Tapsel ini ke Jambi (10 - 12 Juni 2022), dalam rangka persiapan menuju PON Sumut - Aceh 2024 mendatang.

"Kita sudah dapat konfirmasi keberangkatan ke dua atlet menuju Jambi pada Senin (6/5) akan di lepas dan diberangkatkan langsung oleh Pak Bupati dari Kantor Bupati di Sipirok," jelasnya.

Di singgung persiapan ke dua atlet yang berlaga pada kategori ketepatan mendarat  menghadapi atlet lain, Raja Doli mengatakan, sudah siap secara fisik dan mental.

"Kedua atlet para layang putera daerah Tapsel yakni Iqmal Yunus Nasution dan Mahlul Yusuf Siagian sudah berlatih sejak 2020 lalu. Seperti di Puncak Sarogodung, Simago-mago (Sipirok), Hutaginjang (Taput), Sigarantung (Samosir), Gajah Bobok (Karo), Sibuhuan, dan Payakumbuh," terangnya.

Pun demikian, di mohon doa semua masyarakat Tapsel khususnya dan Sumatera Utara umumnya agar atlet para layang Tapsel ini bisa berhasil juara. "Mengingat kejuaraan di Jambi ini merupakan persyaratan atlet para layang Tapsel bisa mengikuti PON 2024 Sumut - Aceh," katanya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022