Samosir adalah salah satu kabupaten yang berada di Sumatra Utara. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari kabupaten Toba sesuai dengan UU RI Nomor 36 Tahun 2003 pada tanggal 18 Desember 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai. 

Sejak mekar, Kabupaten Samosir, terus berpacu melakukan pembangunan berbagai sektor, baik infrastruktur, kesehatan, pendidikan maupun lainnya yang tujuannya semata-mata untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat.

Berbagai upaya di lakukan pemerintah daerah setempat, agar pembangunan yang diprogramkan dapat terwujud. Satu diantaranya adalah dengan melakukan koordinasi langsung ke pusat dengan berbagai kementerian di Jakarta.

Berbagai pendekatan dilakukan dengan sejumlah kementerian itu tentunya bertujuan agar "kue-kue" pembangunan dapat mengalir ke Samosir yang dibawah kepemimpinan Bupati Vandigo Gultom dan Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang.

Salah satu yang di tuju adalah Kementerian Pertanian dan bertemu langsung dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. 

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom  bersama Anggota DPR-RI Fraksi Partai Nasdem Martin Manurung mengadakan pertemuan langsung dengan Menteri Pertanian RI, H Syahrul Yasin Limpo, Selasa pagi (24/5/2020) di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta. 
Bupati Samosir Vandigo Gultom saat beraudiensi dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (ANTARA/HO)


Pertemuan ini bertujuan untuk membahas pengembangan pertanian di Kabupaten Samosir, dan penyampaian usulan-usulan program pertanian yang dibawakan oleh Bupati Samosir beserta jajarannya. 

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pertanian menyampaikan bahwa sektor pertanian menjadi sektor yang paling tinggi menyumbang pertumbuhan ekonomi.

Untuk itu Mentan meminta kepada Bupati Samosir yang masih muda dan enerjik berpikir secara luas dan komprehensif dalam upaya pengembangan pertanian di Kabupaten  Samosir. 
Bupati Samosir saat bertemu Kepala BPIW Rachman Arief Dienaputra (ANTARA/HO)


Mentan meminta agar Kabupaten Samosir dapat mempersiapkan lahan dan kepengurusan untuk membangun sebuah food estate, yang merupakan salah satu program strategis pembangunan pertanian nasional, yang dapat berpengaruh besar pada pertanian dan kesehjateraan masyarakat di Kabupaten Samosir. 

Program food estate ini akan menjadi  percontohan bagi petani lainnya di Kabupaten Samosir dengan skala luas dengan penerapan teknologi pertanian. 

Menteri Pertanian dengan penuh semangat dan keseriusan berjanji untuk membangun program besar di Pertanian Kabupaten Samosir, dan mendukung usulan-usulan dalam program pengembangan Pertanian di Kabupaten Samosir. 

Secara khusus, Mentan meminta kepada para Dirjen untuk menindaklanjuti arahannya dengan baik, dan memaparkan kepada Bupati Samosir beberapa daerah yang sudah berhasil dengan baik dalam pengembangan foot estatenya. 

Senada dengan itu, Martin Manurung menyampaikan kepada Bupati Samosir untuk cepat dan tepat menindaklanjuti arahan Menteri Pertanian tersebut, dan Bupati Samosir mengucapkan terimakasih atas pertemuan tersebut, dan segera menindaklanjuti arahan dari Menteri Pertanian untuk kemajuan pertanian di Kabupaten Samosir.

Selain itu dalam dalam upaya percepatan perkembangan infrastruktur di Kabupaten Samosir, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom mengunjungi Kantor Kementerian PUPR Republik Indonesia di Jakarta pada hari Rabu 25 Mei 2022, untuk bertemu dengan Kepala BadanPengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW). 

BPIW Kementerian PUPR mempunyai tugas melaksanakan penyusunan kebijakan teknis dan rencana terpadu program pembangunan infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan rakyat berdasarkan pendekatan pengembangan wilayah. 

Dalam pertemuan tersebut Bupati Samosir diterima langsung oleh Kepala BPIW Ir. Rachman Arief Dienaputra, M.Eng, dan langsung berdiskusi mengenai proyek-proyek strategis Nasional yang ada di Kabupaten Samosir yang bersumber dari Kementerian PUPR. 

Bupati Vandiko juga menyampikan usulan-usulan tambahan pembangunan untuk Kabupaten Samosir. 

Adapun beberapa usulan yang disampaikan Vandiko antara lain Penyediaan Air Bersih di KTA Pangururan, sumber Air Baku Sianjur Mula - mula, Pembangunan 5 Puak Batak titik Nol peradaban Batak di Sigulatti, Peningkatan jalan - jalan menuju Desa Wisata dan Pembangunan Jalan By Pass/lingkar Pangururan Dari Sialanguan - Rianiate. 

Secara simbolis, Bupati Samosir menyampaikan proposal usulan Kabupaten Samosir ke Kementerian PUPR yang diterima langsung oleh Kepala BPIW. 

Menanggapi hal tersebut kepala BPIW menyampaikan akan segera menurunkan Tim untuk melakukan Survey atas usulan-usulan tersebut dan menyatakan kesiapan untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Samosir sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas. 

Pada pertemuan itu Kepala BPIW didampingi oleh Kepala Pusat Wil I BPIW Ir Hari Suko Setiono, Melva Ariani (Kabid Wil A) dan Fransisco (Kabid Aceh, Sumut dan Kepri). 

Sementara Bupati Samosir didampingi oleh SAB TKP dan SDM Rudi Siahaan, SAB Sosial Hut Isasar, Kepala Bappeda Rajoki Simarmata dan Plt. Kadis PUTR Hartono.

Minta Peningkatan Status RSUD kepada Kemenkes
Bupati Samosir, Vandiko Gultom, melakukan audiensi dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha, di Jakarta, Rabu, 25 Mei 2022, dalam rangka memperoleh anggaran serta meminta bantuan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan di Kabupaten Samosir.

Bupati meminta, antara lain, bantuan mobil ambulans dan peralatan medis. Dia juga meminta peningkatan status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Hadrianus Sinaga, yang saat ini masih tergolong tipe C, agar bisa menjadi rumah sakit rujukan. 

Peningkatan status RSUD tersebut juga penting bagi pelayanan kesehatan masyarakat setempat, termasuk wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Samosir, yang merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Kunta Wibawa Dasa Nugraha, yang menerima proposal dari Bupati, mengatakan akan berupaya mendukung permintaan Pemkab Samosir tersebut. Dia juga berpesan agar Pemkab meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang kesehatan. 
 

Pewarta: juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022