Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Labuhanbatu Utara yang dijadwalkan berlangsung pada 25 Mei mendatang mendapat atensi dari Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak. 

Terbukti orang pertama di jajaran Poldasu itu menyempatkan diri berkunjung ke tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok itu dengan menggunakan helikopter, tepatnya di Lapangan Kotabatu Kecamatan Na IX-X, Sabtu (21/5).

Panca pada kesempatan itu menyatakan optimistis pelaksanaan pilkades di Labura akan berlangsung baik. Ia juga meminta masyarakat memilih calon yang dapat membawa kebajikan dan kemajuan desa masing-masing.

Menurutnya, masyarakat akan memilih pemimpin-pemimpin desa, pemimpin-pemimpin terdepan yang nantinya akan membawa desa ke arah yang lebih baik. "Kita akan memulai Pembangunan dari desa. Dan sesuai arahan Pak Presiden, kita akan mendorong agar pembangunan di desa dapat maksimal," katanya.

Jenderal bintang dua itu juga berharap, pilkades Labura akan menjadi contoh daerah lainnya. Dan ia optimis hal itu dapat terwujud setelah mendengar paparan dari Wabup H Samsul Tanjung ST MH, Ketua DPRD H Indra SB Simatupang SH MKn, Sekdakab HM Suib Sitorus SPd MM dan Ketua Komisi A H Lumba Munthe.

Menjelang pelaksanaan pilkades serentak di Labura, sejumlah dinamika muncul seperti aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh warga Desa Simangalam Kecamatan Kualuhselatan dan Desa Hatapang Kecamatan Na IX-X.

Pilkades serentak tahun 2022 di Labura ini akan diikuti 60 desa. Awalnya direncanakan terdapat 62 desa yang akan melaksanakan pilkades. Namun karena perkembangan yang terjadi, dua desa yaitu Simangalam dan Desa Kualabangka Kecamatan Kualuhhilir ditunda.

Pewarta: Sukardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022