Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) sukses meraih kategori "Sangat Baik" dalam penilaian kinerja pelayanan satu pintu (KPSP) dan percepatan pelaksanaan berusaha (PPB) Tahun 2021.

"Itu sesuai berdasarkan keputusan Menteri Investasi/Kepala BKPM RI Nomor 139 Tahun 2021," kata Kadis PMPTSP Tapsel Nurdin Pane didampingi Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, di Sipirok,  Jumat (13/5).

Dari seluruh 416 kabupaten/kota se Indonesia PMPTSP Tapsel berada pada peringkat 63 sekaligus masuk kategori sangat baik dalam KPSP dan PPB Tahun 2021 tersebut.

"Alhamdulillah, dari raihan prestasi tersebut Pemkab Tapsel mendapat penghargaan suntikan anggaran dana insentif daerah (DID) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp1,74 miliar. Bahkan satu-satu nya daerah yang mendapat di Sumatera Utara," katanya.

Penghargaan itu sesuai Perpres Nomor 42 tahun 2002 tentang pemberian penghargaan dan atau pengenaan sanksi kepada kementerian negara/lembaga dan pemerintah daerah.

Terpisah, Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu mengatakan, keberhasilan PMPTSP meraih penilaian kategori sangat baik berdasarkan keputusan Menteri Investasi/Kepala BKPM RI Nomor 139 Tahun 2021 tersebut tidak lepas berkat kinerja semua pihak yang kompak.

"Karenanya saya atas nama Pemkab Tapsel mengucapkan terimakasih, semoga penghargaan ini menjadi pemicu untuk terus dapat meningkatkan kinerja yang prima, sekaligus pemacu bagi OPD-OPD yang lain," harapnya.

Menyangkut bonus DID dari pemerintah pusat, Dolly, menjelaskan bahwa itu merupakan instrumen yang strategis, guna menstimulasi daerah guna perbaikan pelayanan daerah secara berkesinambungan.

"Yang kelas kita (Pemkab Tapsel) akan terus melakukan berbagai inovasi dan perbaikan demi kemajuan daerah, mulai di bidang pelayanan publik, pemerintahan, hingga yang terkait dengan pengembangan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Prestasi ini diharap semakin merangsang pemodal untuk dapat menanamkan modalnya semakin banyak di Tapsel. Dikatakan, iklim investasi yang baik akan mendatangkan investasi yang sehat dan muaranya kembali ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat, lanjut Dolly.

Bupati juga menambahkan bahwa realisasi keberhasilan PPMTSP wujud realisasi visi misi Bupati-Wakil Bupati Tapsel yang di tuangkan pada RPJMD tahun 2021-2024 yakni, Tapsel yang maju berbasis sumber daya manusia pembangun yang sehat, cerdas, dan sejahtera serta pemanfaatan sumber daya alam yang produktif dan lestari.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022