Pemkab Serdang Bedagai dan Lantamal I Belawan bersinergi membangun Kampung Bahari Nusantara di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Serdang Bedagai yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan kehidupan.

Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama Johanes Djanarko Wibowo di Serdang Bedaga, Kamis, mengatakan ada beberapa aspek yang menjadi perhatian pihaknya di Kampung Bahari Nusantara, yaitu terkait dengan kesehatan, pendidikan, ekonomi, pariwisata, dan pertahanan.

Kegiatan tersebut sudah dimulai sejak Maret lalu dan rencananya puncaknya pada September 2022.

Ia berharap, dapat bekerja sama dengan semua pihak agar kegiatan itu berjalan dengan baik.

"Seluruh rangkaian kegiatan itu tentunya harus ada nilai tambah baik dari segi ekonomi, pariwisata, maupun pertahanan dan yang tidak kalah penting bagi sektor pendidikan maupun kesehatan," katanya.

Baca juga: Pemkab Serdang Bedagai menormalisasi Sungai Belutu atasi banjir

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya mengatakan Kabupaten Sergai salah satu di antara 12 daerah di Indonesia yang memiliki pulau terluar dan berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Pulau Berhala.

Pengelolaan wilayah perbatasan itu harus menjadi perhatian bersama untuk menghindari peluang terjadinya konflik perbatasan apalagi wilayah perbatasan terkait erat dengan kemampuan pertahanan negara.

Pulau Berhala merupakan kawasan strategis nasional yaitu kawasan yang terkait dengan kedaulatan negara dan memiliki fungsi sebagai pengendalian lingkungan hidup dan pengembangannya diprogramkan bagi kepentingan nasional.

"Berbicara pertahanan negara tentu tidak hanya terkait dengan kekuatan militer saja, tetapi juga kualitas SDM. Kalau sudah SDM unggul secara sosial maka akan tumbuh rasa tanggung jawab bersama sebagai suatu kesatuan warga negara dalam mewujudkan cinta pada negara," katanya.

Pada kesempatan ini, dirinya juga memberi apresiasi tinggi kepada Danlantamal I Belawan untuk dukungannya terhadap optimalisasi pemanfaatan potensi yang ada di Serdang Bedagai.

"Kami mengucapkan terima kasih karena yang selama ini dilakukan benar-benar membantu Pemkab Sergai (Serdang Bedagai) dalam membina masyarakat khususnya di wilayah pesisir guna wujudkan masyarakat yang cinta akan bahari," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022