Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Panca Putra Simanjuntak memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Medan, Deli Serdang, Binjai, dan Belawan, Senin, berjalan aman.

"Masyarakat yang memberikan hak suaranya tetap mematuhi protokol kesehatan karena situasi masih dalam penyebaran pandemi COVID-19," kata Panca saat mengecek pelaksanaan Pilkades di Deli Serdang, Senin.

Dia mengajak seluruh masyarakat, khususnya kelompok lanjut usia yang belum mendapatkan vaksin COVID-19, untuk segera melaksanakan vaksinasi dalam mempercepat program pemerintah mengatasi penyebaran COVID-19.

"Kedatangan saya memastikan pilkades berjalan kondusif, mulai dari pemilihan, penghitungan suara, hingga penetapan kades terpilih," ucapnya.

Baca juga: Kapolda Sumut pastikan perayaan Paskah kondusif

Dia juga mengajak seluruh panitia pilkades untuk berinovasi dan memberikan pelayanan bagi pemilih lansia.

"Lansia ini harus dilayani. Mereka semangat untuk memilih, tetapi harusnya panitia memberikan layanan," tambahnya.

Dalam peninjauan pilkades tersebut, Panca mendatangi sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Sunggal dan di Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang.

Sementara itu, Polda Sumut menurunkan 2.885 personel untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades Serentak 2022 di Sumut.

Kabidhumas Polda Sumut Kombes Pol. Hadi Wahyudi mengatakan personel yang diturunkan itu berasal dari Polrestabes Medan, Polres Binjai, Polresta Deli Serdang, Polres Pelabuhan Belawan, dan Satuan Brimob Polda Sumut.

"Personel yang diturunkan untuk membantu menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat selama pelaksanaan pilkades," ujarnya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022