Tiga alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) dari tiga program studi (prodi) yang berbeda menerima anugrah Alumni Award FISIP UMSU 2022. 

Penghargaan kepada alumni tersebut diberikan dalam rangka Milad ke-50 FISIP UMSU dan ketiganya dinilai memberi kontribusi dalam mendukung berbagai aktivitas prodi masing-masing, khususnya dalam hal akreditasi prodi.

Penganugerahan Alumni Award FISIP UMSU 2022 tersebut langsung dilakukan Rektor UMSU Prof. Agussani, MAP dalam acara yang dirangkai dengan Penutupan Milad ke-50 FISIP, Peresmian Aula FISIP, dan Buka Puasa Bersama yang digelar di Aula FISIP UMSU, Rabu (13/4). 

Baca juga: Semarak Milad ke-50 FISIP UMSU diakhiri dengan peresmian aula

“Kolaborasi institusi dengan alumni harus terus ditingkatkan. Terima kasih kami ucapkan kepada semua alumni yang sudah memberi dukungan.. Peran Alumni sangat besar untuk kemajuan institusi,” ujar Rektor UMSU.

Seperti diketahui, tiga program studi yang ada di FISIP UMSU sudah memperoleh akreditasi yang membanggakan. Prodi Kesejahteraan Sosial Akreditasi A, Prodi Ilmu Administrasi Publik Akreditasi A, dan Prodi Ilmu Komunikasi Akreditasi Unggul.

Sebelumnya, Wakil Dekan 1 Abrar Adhani, M.IKom menyampaikan ketiga alumni yang mendapat Alumni Award 2022 itu adalah Muhammad Ronny Suherza, S.Sos dari Prodi Ilmu Komunikasi. Alumni ini sekarang beraktivitas sebagai entrepreneur atau wirausahawan yang sukses menjalankan usahanya di bidang kuliner dengan terus menghadirkan ide kreatif dan inovatif, juga out of the box. 

Alumni berikutnya Riky Irawan Nasution S.Sos dari Prodi Ilmu Administrasi Publik (IAP). Alumni ini berkarir sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintahan Kota Medan dan kini diberi amanah Lurah Kelurahan Glugur Darat II, Kota Medan. 

Selanjutnya, Faizul Hamdi Hasibuan, S.Sos, alumni dari Prodi Kesejahteraan Sosial (Kessos). Ia kini dipercaya sebagai salah satu Staf Ahli Bupati Labuhanbatu Utara. 

Dalam pengantarnya, Dekan FISIP Dr. Arifin Saleh, MSP menyampaikan bahwa pemberian Alumni Award ini akan menjadi agenda tahunan ke depan yang dirangkai dengan perayaan Milad FISIP setiap tahunnya. 

Untuk Milad ke-50 di tahun 2022 ini, ketiga alumni tersebut diberi penghargaan setelah melalui mekanisme yang disepakati dan rapat dekanat dengan program studi. 

Beberapa kriteria dan dasar pertimbangan memberikan penghargaan kepada mereka adalah dukungan kontribusi masing-masing dalam penguatan kurikulum program studi. 

Kemudian, kontribusi dalam pelaksanaan kegiatan Akreditasi, baik dalam memenuhi kelengkapan data borang maupun kehadiran saat asesmen lapangan menghadapi assessor BAN PT. 

Selanjutnya, mereka juga memberi kontribusi dalam penguatan jejaring, pelaksanaan praktik lapangan serta informasi kerja kepada mahasiswa di masing-masing prodi. 

“Peran alumni memang sangat dibutuhkan. Prodi Kessos dan Prodi IAP dapat Akreditasi A serta Ilmu Komunikasi Akreditasi Unggul, salah satunya karena dukungan alumni. Ke depan alumni award ini akan menjadi agenda tahunan FISIP UMSU. Ini juga bagian dari saling mendukung dan saling membesarkan,” pungkas Arifin. 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022