Kearifan lokal merupakan salah satu ciri khas suatu suku atau daerah di Indonesia. Beragamnya suku dan budaya di Indonesia melahirkan beragam kesenian budaya yang sangat menarik dan menjadi ikon suatu suku dan daerah.

Kesenian budaya yang sangat menarik adalah Jaran Kepang yang merupakan kesenian tradisional dari daerah Ponorogo, Jawa Tengah. Terjadinya transmigrasi di Pulau Jawa mengakibatkan budaya ini juga ikut menyebar ke daerah di luar pulau Jawa.

Salah satunya adalah Jaran Kepang “Mitrosatoto” di Dusun Sidodadi, Desa Perkebunan Teluk Panji. Kelompok Jaran Kepang ini kerap tampil di desa-desa untuk menghibur masyarakat. Peralatan yang dimiliki sudah lengkap tapi kondisinya sudah tua dan butuh perbaikan ataupun pergantian dengan yang baru.

Melihat hal ini, PT Supra Matra Abadi, Kebun Teluk Panji yang terletak di Desa Perkebunan Teluk Panji memberikan bantuan set kostum dan peralatan kepada kelompok Jaran Kepang Mitrosatoto. Bantuan tersebut diserahkan oleh Humas PT SMA, Linus S Sianipar, Rabu, 30 Maret 2022.

“Kearifan lokal adalah sesuatu yang harus kita lestarikan. PT SMA sangat mendukung kegiatan-kegiatan seni dan budaya terutama yang berada di sekitar perusahaan. Hari ini kita bantukan kostum, kuda lumping dan aksesoris yang dibutuhkan oleh kelompok Jaran Kepang Mitrosatoto. Semoga seni dan budaya yang ada di masyarakat tetap terjaga sehingga anak cucu kita tetap bisa menyaksikannya kelak,” kata Linus.

Menerima bantuan ini ketua kelompok Jaran Kepang sekaligus Kadus Sidodadi, Sutikno menyambut dengan rasa senang dan haru.

“Terima kasih kepada PT SMA yang telah peduli dan memberikan bantuan untuk kesenian Jaran Kepang Mitrosatoto ini. Semoga seterusnya dapat kami jaga dan rawat, untuk PT SMA kami doakan untuk semakin sukses di masa yang akan datang,” ungkap Sutikno.

“Selain bantuan peralatan dan kostum kepada Jaran Kepang, pada kesempatan ini PT SMA juga membantu pelebaran tapak gereja HKBP Immanuel Sei Kalam dan bantuan untuk perbaikan lapangan badminton Desa Pengarungan. Ini merupakan wujud kepedulian PT SMA terhadap masyarakat, semoga mendapat manfaat dan dapat dijaga dengan baik,” tambah Linus.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022