Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LBKN) ANTARA Biro Sumatera Utara kembali menggelar donor darah dan kali ini dalam rangka membantu ketersediaan stok darah selama bulan suci Ramadhan.
 
Kegiatan donor darah tersebut digelar di Kantor LKBN ANTARA Biro Sumut di Jalan Raden Saleh No 5 Medan pada Jumat (1/4) bekerja sama dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Medan dan didukung PT Tunggal Jaya Prima (Sarang Tawon), PT Universal Indofood Product (Unibis), BULOG Sumut dan PTPN IV. 
 
"Tujuan kita melakukan kegiatan donor darah ini dalam rangka mengantisipasi kekurangan stok darah karena akan memasuki bulan Ramadhan," kata Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sumatera Utara Riza Mulyadi.

Baca juga: ANTARA Sumut gelar donor darah peringati HUT Ke-84
 
Riza mengatakan, kegiatan donor darah tersebut dilakukan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.
 
Kegiatan donor darah ini, kata dia, dilakukan secara berkelanjutan oleh ANTARA Sumut dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.
 
"Ini adalah bentuk kepedulian ANTARA Sumut untuk membantu orang-orang yang membutuhkan darah," katanya.
 
Sementara itu Koordinator PMI Donor Darah Medan Muhammad Joni memberikan apresiasi kepada Perum LKBN ANTARA Biro Sumut yang telah menggelar kegiatan donor darah tersebut.
 
Ia berharap, kegiatan donor darah yang dilakukan LKBN ANTARA Biro Sumut dapat menggerakkan perusahaan maupun lembaga lainnya untuk melakukan donor darah. 
 
Karena menurutnya, saat bulan puasa, masyarakat cenderung enggan melakukan donor darah dan hal tersebut akan berpengaruh pada stok darah yang tersedia.
 
"Saat bulan puasa, biasanya stok kita menipis, ini yang kita khawatirkan. Kita bersyukur sekali ada kegiatan donor darah seperti ini," katanya.
 
Ia memaparkan ketersediaan stok darah di UDD PMI Kota Medan saat ini sekitar 5.000 kantong, sementara kebutuhan bulanan mencapai 6.000 kantong.
 
"Semoga saat Ramadhan nanti stok darah kita bisa terpenuhi. Kita harapkan masyarakat mau mendonorkan darahnya," ujarnya.
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022