Pemprov Sumatera Utara menerima penghargaan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Awards 2021 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Penghargaan ini diberikan karena Pemprov Sumut berperan optimal membantu akses keuangan di daerah. Adapun kategori penghargaan yang diterima Pemprov Sumut yakni provinsi terbaik dalam penyediaan ragam akses keuangan. 

Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sumut Hasmirizal Lubis menyampaikan, Pemprov Sumut akan terus berupaya meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah. Sejauh ini, TPAKD Sumut telah memiliki berbagai program, di antaranya kredit sahabat insan pengusaha pemula, KUR (Kredit Usaha Rakyat) klaster penanaman kopi, KUR klaster penanaman jagung dan lainnya. 

"Demi terwujudnya inklusi keuangan daerah yang maksimal, Pemprov Sumut akan terus berupaya melakukan hal itu," kata Hasmirizal mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi usai penyerahaan penghargaan, Kamis (16/12). 

Ketua OJK Wimboh Santoso menyampaikan, sinergi pemerintah daerah sangat diperlukan untuk mewujudkan inklusi keuangan. Inklusi artinya tersedianya akses keuangan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia. 

Ke depan, Pemerintah Pusat juga akan menyediakan KUR sebanyak Rp285 triliun kepada masyarakat dalam kategori UMKM. Untuk itu, diperlukan sinergi yang baik dengan pemerintah daerah. 

Wimboh juga menyambut baik, inisiatif pemerintah daerah yang membuat beragam skema penyaluran kredit. Pihaknya akan terus mendukung setiap skema yang dibuat oleh pemerintah daerah.

“Di beberapa daerah ada program yang dibuat KUR dalam klaster, silakan kita dorong habis-habisan,” ucap Wimboh. 

Pada kesempatan tersebut, Kota Tebingtinggi juga menerima penghargaan sebagai kabupaten/kota terbaik dalam inovasi program pemberdayaan UMKM.

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021