Gubernur Sumatera Utara menilai saat ini angka penyebaran virus corona atau COVID-19 sudah melandai. Dengan begitu dia berharap 33 kabupaten/kota dapat masuk pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 1.
 
Namun, penetapan status PPKM sebuah daerah, menurut dia adalah kewenangan Kementerian Kesehatan. 

"Kalau bisa level 1 berarti lebih baik. Dan mudah-mudahan semua nanti (PPKM Level 1)," katanya di Medan, Senin (13/12).

Menurut dia, penetapan PPKM kabupaten/kota se Sumut yang disampaikannya melalui Instruksi Gubernur nomor 188.54/51/INST/2021 mengacu data dari Kementerian Kesehatan. Termasuk status PPKM Kota Medan yang masih berada di Level 2.

Baca juga: Status terbaru PPKM di Sumut, 16 daerah Level I

"Jangan level 1, level 0. Karena dari data yang kita dapat itu dari jakarta bahwa kondisinya itu (Medan) di level 2," ujarnya. 

Seperti diberitakan Wali Kota Medan mengklaim Kota Medan saat ini sudah masuk dalam PPKM level I. Menantu Presiden Jokowi itu mengatakan vaksinasi menjadi salah satu indikator yang menjadikan Medan menjadi PPKM PPKM Level 1.

"Benar Medan baru saja masuk Level I PPKM. Ada beberapa indikator dan sudah penuhi syarat. Terutama Paling tinggi indikator testing harian kita penuhi syarat, vaksinasi lansia juga sudah terus dilakukan. Kita komitmen  tingkatkan vaksinasi lansia (lanjut usia) di 60 persen," kata Bobby.

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021