Dalam rangka memeringati Hari Guru Nasional ke-76, Pesantren Tahfiz Azhar Center (PTAC) melaksanakan sejumlah kegiatan. Diantaranya adalah melaksanakan upacara serta melangsungkan sejumlah perlombaan yang bukan hanya diikuti para santri, tetapi para ustadz juga turut diperlombakan.

Upacara dipimpin Ketua Yayasan PTAC ustadz HM Ifdarsyam Ritonga Lc MHI sementara bertindak sebagai komandan upacara ustadz Midun Aruan SH. Upacara diikuti para ustadz serta ratusan santri dan santriwati di kompleks pesantren yang berada di Kecamatan Kualuhselatan itu, Kamis. (25/11)

Dalam arahannya, Ifdarsyam antara lain menyatakan, memuliakan guru pada hakikatnya memuliakan hidup kita. "Maka memuliakan guru itu hakikatnya memuliakan kehidupan kita. Mari kita memohon maaf pada guru kita, cium tangannya. Mohon doa restu agar guru kita ridho memberi pelajaran dan ilmu yang kita terima bermanfaat," ujarnya

Usai upacara, pimpinan PTAC ustadz HM Ifdarsyam Ritonga Lc MHI bersama Wakil Pimpinan Ustadz.H Panji Pandu Siregar Lc dan Direktur H Mora Thua Munthe Lc melakukan pemotongan kue. Suapan pertama diberikan kepada perwakilan guru sebagai pertanda kasih sayang PTAC kepada para asatidz dan Ummahatnya.

Baca juga: Bupati Labura sebut dirinya bisa seperti sekarang karena guru

Selanjutnya, para santri memerikan sekuntum bunga kepada seluruh guru pertanda kasih sayang santri kepada para guru yang membimbing mereka. Acara dilanjutkan dengan bersalam-salaman. Seluruh santri memberikan salam kepada asatidz dan ummahat dengan penuh haru. Terlebih para santri putri yang hampir semua menitikkan air mata pertanda sayang kepada para ummahatnya.

Pada hari itu juga diumumkan pemenang sejumlah lomba yang diselenggarakan guna memeriahkan hari guru di pesantren tersebut. Perlombaan yang dilakukan antara lain pemilihan asatidz dan ummahat favorit, lomba literasi (cipta cerpen, puisi dan pantun) serta menghias kelas.

Terpilih sebagai ustadz favorit Muhibbut Tibri dan ummahat favorit Ummi Kalsum Lumbantobing SPd. Kepada para pemenang I-III, panitia menyiapkan hadiah berupa trofi, sertifikat dan uang masing-masing Rp500 ribu, Rp300 ribu dan Rp200 ribu. Khusus kepada Pembina tahfiz terbaik diberikan hadiah berupa emas.

Sebagai informasi, PTAC yang tahun ini memasuki usia ketiga tahunnya, belum lama ini berhasil mencetak tiga santri penghafal Qur’an 30 Juz yang terdiri dari dua laki-laki dan seorang perempuan. Khataman hafalan ketiga santri dihadiri Bupati Labura Hendriyanto Sitorus SE MM, Ketua DPRD H Indra SB Simatupang SH MKn, Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arli Rangkuti SIK dan pejabat lainnya.

 

 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021