Pusat Gempa Regional (PGR) I Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan mencatat selama pekan ketiga November 2021 terjadi 41 gempa di Sumatera Utara dan Aceh.

Staf analisa PGR I BBMKG wilayah 1 Medan, Chichi Nurhafizah, Sabtu (20/11), mengatakan, berdasarkan lokasi kejadian gempa bumi, terbanyak terjadi di laut 24 kali dan di darat 17 kali.

Untuk kedalaman gempa, sebanyak 38 kali termasuk gempa dangkal (di bawah 60 Km) dan menengah (kedalaman antara 60 km sampai dengan 300 km) sebanyak 3 kejadian.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan lebat di sebagian wilayah di Sumut

Sementara Peneliti BBMKG Wilayah 1 Medan, Marzuki Sinambela, menjelaskan jumlah gempa bumi yang terjadi pada pekan ketiga November tersebut sama dengan kejadian pada pekan kedua November.

Berdasarkan magnitudo, 38 kejadian gempa yang terjadi di bawah 4.0, dua kejadian dengan magnitudo antara 4.0 sampai dengan 5.0 dan satu kejadian gempa dengan magnitude di atas 5.0.

Aktivitas kegempaan dominan bersumber dari aktivitas zona megathrust dan sebagian lagi di wilayah zona outerise dan patahan lokal Sumatera.

"Dari 41 gempa yang terjadi, terdapat dua gempa yang signifikan dan dirasakan di wilayah Aceh dan Tapanuli Selatan," katanya.

Ia juga menyampaikan masyarakat diimbau tetap waspada dan tidak perlu panik jika terjadi gempa dan tetap merespon dengan cepat informasi BMKG.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021