Sebanyak tiga unit tiang listrik yang berada di sepanjang jalan Pelud Binaka, Desa Ononamolo I Lot, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, tumbang akibat tertimpa pohon.

"Benar, tiga tiang listrik yang berada di sepanjang Jalan Pelud Binaka, Desa Ononamo I Lot roboh akibat tertimpa pohon yang tumbang," kata Asisten Manager Bagian Jaringan PLN Nias, Consinus Sitorus, Jumat (5/11).

Tumbangnya tiang listrik tersebut sempat mengganggu penyuplaian energi atau aliran listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Idanoi yang ada di Kecamatan Idanoi, Kota Gunungsitoli ke Kota Gunungsitoli, Nias Utara, Nias dan Nias Barat.

Baca juga: Basarnas temukan jenazah warga Nias yang tercebur di Sungai Muzoi

Namun gangguan terhadap penyaluran listrik untuk Kota Gunungsitoli dan Nias Utara serta sebagian Kabupaten Nias saat ini sudah berhasil diatasi dengan memanfaatkan PLTD Moawo yang berada di Desa Moawo, Kecamatan Gunungsitoli.

"Untuk Kota Gunungsitoli dan Nias Utara sudah dapat kita atasi menggunakan PLTD Moawo, dan sebagian daerah Kabupaten Nias menuju Nias Selatan sudah lancar menggunakan PLTD Idanoi," ujarnya.

Daerah yang  pasokan listriknya masih terganggu yakni  sebagian daerah di Kabupaten Nias yang menuju Nias Barat dan Kabupaten Nias Barat.

Ia mengatakan saat ini PLN UP3 Nias sudah mengerahkan sejumlah personel untuk melakukan perbaikan secepatnya dengan dibantu tiga unit mobil crane atau derek untuk mendirikan tiang ke posisi semula.

"Kita berupaya secepatnya memperbaiki jaringan yang rusak dan estimasi perbaikan kita perkirakan selama lima jam," ucapnya.

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021