Wali Kota Medan, Bobby Nasution, mengaku akan membawa solusi konkret sebagai upaya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan saat berkantor di kawasan Medan Utara.

"Untuk menyelesaikan permasalahan banjir rob (pasang air laut maksimum) ini, banyak yang harus dipersiapkan," ucap Bobby Nasution di Medan, Jumat (29/10).

Banjir rob, kata wali kota, merupakan salah satu permasalahan serius di kawasan Medan Utara, terutama Kecamatan Medan Belawan, sehingga menjadi perhatian utama Pemkot Medan.

Baca juga: Kota Medan jadi proyek percontohan penataan transportasi perkotaan

Tidak hanya meninggikan badan jalan, Pemkot Medan juga tengah merencanakan pembangunan drainase untuk mengalirkan air pasang yang merendam sejumlah kelurahan.

Guna mewujudkan hal itu, wali kota mengaku sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, salah satunya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beberapa waktu lalu.

Baca juga: Wali Kota Medan ajak masyarakat kembangkan program masjid mandiri

"Kami sudah koordinasi dengan Kementerian PUPR tentang rencana pembangunan tanggul. Saat ini, kami juga tengah melakukan revisi DED (detail engineering design)," tutur Bobby.

Seperti diketahui, Bobby Nasution pernah berjanji akan berkantor di kawasan Medan Utara jika terpilih menjadi Wali Kota Medan periode 2021-2024 ketika kampanye Pilkada Medan 2020.

"Sebab kemarin solusi dari permasalahan ini hanya meninggikan jalan. Saya tidak mau hanya jalan saja yang ditinggikan, tapi drainase mengalirkan air pasang juga harus dibangun untuk mengatasi banjir rob di Belawan," jelas Wali Kota Medan.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021