Sebanyak 244 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkab Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, selesai mengikuti pelatihan dasar CPNS tahun 2021.

Acara pelepasan terhadap 244 CPNS ini digelar di Gedung Serbaguna Pandan, yang dilepas oleh Wakil Bupati Tapanuli Tengah, Darwin Sitompul dan Sekretaris Daerah Tapteng, Yetty Sembiring, Rabu (27/10).

Dalam laporannya Plt Kepala BPSDM Tapteg, Yetty Sembiring menyampaikan, Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2021, adalah Angkatan V dan angkatan XXIII-XXVII.

Sedangkan tujuan dari pelatihan adalah, untuk membentuk karakter ASN yang berdaya saing dan kompeten untuk menyambut cita-cita ASN berkelas dunia pada tahun 2024.

Disebutkan Yetty, 244 peserta itu sukses mengikuti pelatihan dasar CPNS, dan kondisi peserta dalam keadaan baik dan sehat serta dibimbing para pelatih dan guru dari instansi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah.

Wakil Bupati Tapanuli Tengah, Darwin Sitompul saat melepas peserta dalam sambutannya berkeyakinan, dengan pembelajaran yang diperoleh selama mengikuti pelatihan dasar, dapat memberikan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil.

Dikatakannya, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintah, dan bidang tugas organisasi akan mampu melaksanakan tugas dan peran PNS dalam melayani masyarakat.

“Melalui pelatihan dasar ini saya berharap, dapat menghasilkan PNS yang profesional yang berkarakter dalam melaksanakan tugas sebagai abdi masyarakat,” harapnya.

Tidak lupa Darwin pun mengingatkan, agar para peserta jangan beranggapan bahwa mengikuti pelatihan dasar CPNS hanya sebatas formalitas untuk memenuhi persyaratan menjadi PNS saja. Melainkan lebih dari itu, karena apa yang telah dirancang dalam pelatihan dapat diaktualisasikan dalam pelaksanaan tugas di masing-masing instansi.

“Saudara harus menyadari, bahwa status pegawai yang anda raih itu adalah amanat Tuhan. Saudara boleh bangga atas pencapaian saudara karena telah berjuang sejauh ini, tetapi saudara tidak boleh arogan dan merasa bahwa perjuangan telah selesai. Justru perjalanan anda sebagai pelayan publik baru saja dimulai,” tegas Darwin mengingatkan.

Darwin pun menambahkan, keberhasilan mereka mengikuti pelatihan dasar CPNS, juga dapat dilihat nanti dari peningkatan sikap dan perilaku untuk dapat dijadikan teladan oleh keluarga maupun masyarakat, serta dapat menjadi andalan dan kebanggaan atasan dan pimpinan.

Acara pelepasan ini turut dihadiri Pimpinan OPD Tapteng, Kepala Kantor Regional VI BKN Medan, Aidu Tauhid, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial, Bambang Siswanto.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021