Himpunan Kerukunan Keluarga Barus (HIKKBAR) memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1443 H/2021, sekaligus pelantikan Pengurus Rayon HIKKBAR Pancuran Gerobak Sibolga, Pengurus Rayon HIKKBAR Pondok Batu, dan pelantikan Generasi Mudo HIKKBAR Sibolga-Tapteng, oleh Ketua Gadang HIKKBAR Sibolga-Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Acara ini dilangsungkan di Gedung Serbaguna, Pandan, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Jumat (22/10).

Peringatan Maulid Nabi ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Qori Paisal Ramadhan Hasibuan yang dilanjutkan doa oleh Ustad Rusdi Bagariang SHI, dan pengantar ceramah oleh Ishlahul Fikri Simanjuntak yang merupakan binaan Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani. Sedangkan penceramah adalah Ustad Fahrul Rozi.

Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani sekaligus sebagai Ketua Gadang HIKKBAR dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dari Maulid Nabi yang digelar keluarga besar HIKKBAR ini untuk menjalin silatuhrahmi dan memupuk kekompakan.

“Dua tahun yang lalu mimpi kami harus membangun kantor HIKKBAR yang abadi. Artinya, siapapun yang menjadi Bupati Tapteng dan Wali Kota Sibolga dan menjadi Ketua Gadang (Ketu Besar) HIKKBAR nantinya, sudah ada Rumah Gadang (Rumah Besar) kita rumah orang Barus yang menjadi milik orang Barus pada saatnya nanti,” kata Bakhtiar.

Untuk itulah, Bakhtar meminta kepada seluruh keluarga besar HIKKBAR dan para pengurus HIKKBAR yang baru dilantik, agar tetap semangat mengibarkan dan membesarkan bendera HIKKBAR di wilayah Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Selaku Bupati, Bakhtiar juga menyampaikan bahwa pembangunan di Barus sudah berlangsung dan akan terus dilanjutkan. Salah satunya Jembatan Alfansuri yang menjadi ikon di Barus, ditambah dengan sarana infrastruktur jalan yang sudah dibangun dan sudah mulus dan sarana lainnya.

“Sama seperti Gedung olahraga ini bisa bagus seperti sekarang ini, karena orang Barus menjadi Bupati. Mari kita tunjukkan bahwa kita dapat membangun Kabupaten Tapanuli Tengah ini,” ucapnya.

Bakhtiar pun menegaskan, bahwa Kota Barus harus berbenah kembali. Untuk itulah, jalan dari Kantor Pos menuju Titik Nol akan diperlebar yang dihiasi taman dan juga lampu hias menuju ibu kota Barus. 

“Kita sudah bangun SMPN 1 Barus. Nanti juga akan kita bangun bronjong kiri dan kanan jembatan Kampung Mudik dari Pasar Baru Padang Masiang agar tidak banjir lagi Kecamatan Barus yang kita cintai. Sebelum habis masa jabatan saya sebagai Bupati, akan kita wujudkan,” janji Bupati.

Selain itu juga, nanti akan dibangun Taman Balita dan Gedung Olahraga berkapasitas 1.000 orang di Barus.

Sedangkan bagi masyarakat Barus yang anaknya lulus di Perguruan Tinggi Negeri dan tidak mampu ekonominya, agar segera mendaftar ke Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, Pemkab akan menguliahkannya.

“Untuk pembangunan Masjid Raya Barus yang berbiaya Rp30 miliar, dengan ijin Allah kami targetkan tahun 2023 harus selesai. Dan itu akan menjadi Masjid kebanggaan orang Barus dan masyarakat Tapanuli Tengah. Untuk itulah kita rencanakan tahun depan MTQ dilaksanakan di Kecamatan Barus, dan kita akan undang Ustad Dasat Latif,” sebut Bupati.

Di akhir sambutannya, Bupati pun menegaskan, bahwa jabatan itu hanya titipan Allah SWT. “Kalau tidak kita meninggalkan jabatan, jabatan yang meninggalkan kita. Untuk itu, jangan terlalu mencintai jabatan berkelebihan,” tandasnya yang disambut dengan tepuk tangan.

Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1443 H/2021, sekaligus pelantikan Pengurus Rayon HIKBAR ini mengambil tema “Kito Pakuat Semangat Kekeluargaan Basamo Kito Manggadangkan HIKKBAR yang Berkarakter, Mandiri dan Berakhlatul Karima". 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wali Kota Sibolga, H Jamalauddin Pohan yang juga sebagai keluarga besar HIKKBAR, para pimpinan OPD kedua daerah, beserta para tamu dan undangan.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021