Bupati Asahan, H Surya Bsc melakukan gebyar tanam pisang barangan merah di Dusun XIII Desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, Rabu (13/10/21). 

Hal ini dilakukan untuk mewujudkan pengembangan komoditi pisang barangan di Kabupaten Asahan dan membuka peluang investasi demi meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya petani. 

“Gebyar tanam pisang ini merupakan komitmen kami dalam mewujudkan kemandirian ekonomi domestik dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani,” kata Bupati.

Surya mengatakan melalui Dinas Pertanian Kabupaten Asahan akan terus melaksanakan upaya peningkatan nilai ekonomi, melalui Investasi dan ekspor komoditas pertanian guna menunjang pertumbuhan ekonomi yang positif, baik yang berasal dari sub sektor pangan, hortikultura dan perkebunan.

Tanam pisang tersebut kata Surya merupakan komoditi yang memiliki nilai prospek yang positif untuk dikembangkan secara komersil, seperti di kecamatan Simpang empat, Sei Kepayang, Bandar Pulau dan kecamatan lainnya apalagi pihaknya mendukung PT. Hijau Surya Biotechindo yang berkedudukan di Kabupaten Asahan, dan sudah menerapkan teknologi budidaya pisang barangan dengan teknik kultur jaringan serta siap membantu petani dalam mengembangkan budidaya pisang barangan merah di Kabupaten Asahan.

“Saya minta kepada para petani untuk selalu optimis dan semangat dalam mengembangkan serta membudidayakan komoditas pertanian. Dan kepada Camat dan Kades agar pro aktif mengajak masyarakat untuk sama sama membangun dan mengembangkan sektor pertanian demi kesejahteraan masyarakat tani,” ungkap Surya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan Ir. Oktoni Erianto menyampaikan bahwa kegiatan tanam pisang diharapkan menjadi langkah awal untuk peningkatan kesejahteraan, maka itu pihaknya menyiapkan bibit tanaman pisang barangan bersumber dari bantuan Dana APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021, bekerjasama dengan PT. Hijau Surya Biotechindo.

“Bibit pisang barangan merah ini bersertifikat merupakan pengembangan teknologi kultur jaringan sebanyak 5000 batang serta pupuk organik sebanyak 5000 kg untuk lahan seluas 5 Ha yang di serahkan kepada kelompok tani Harapan Jaya Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat,” pungkas Oktoni. 

Turut hadir Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, Anggota DPRD Provsu Dapil V Ebenezer Sitorus, SE dan Dirut PT Hijau Surya Biotechindo Budi Chandra dan OPD terkait yang sama sama melakukan penanaman pisang di daerah tersebut.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021