Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah (Ijeck), membuka secara resmi “Toba Fesital Jou-Jou” yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan (KPw) BI Sibolga, Selasa (5/10) secara virtual.

Dalam sambutannya Wagubsu mengatakan, Festival ini akan mampu mendorong kebangkitan ekonomi daerah, khususnya di 16 Kabupaten/Kota yang menjadi wilayah kerja BI Sibolga, umumnya untuk Provinsi Sumatera Utara.

“Saya mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh KPw BI Sibolga ini, di mana Festival ini mengangkat potensi wisata dan hasil UMKM serta kain tenun ulos yang menjadi kebanggaan daerah kita. Untuk itu, saya mengajak seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) untuk bekerja sama meningkatkan nilai jual Sumatera Utara dengan keberagam yang dimilikinya,” kata Ijeck.

Baca juga: Danrem 023/KS pimpin ziarah di Taman Makam Pahlawan Sibolga

Ijeck pun menambahkan, bahwa UMKM menjadi perhatian bersama saat ini. Untuk itulah dia meminta, agar perbankan di daerah-daerah memperhatikan keberadaan UMKM dan objek wisata yang ada di desa-desa.

“Ke depannya kami berharap, pengembangan yang sudah dilakukan oleh BI Sibolga, terus dilanjutkan Pemerintah Daerah setempat, demikian juga dengan kelembagaan dan juga Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). Terus lah memberikan bimbingan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM dan masyarakat sebagai lini terdepan,” ajak Wagubsu, seraya memberikan dukungan peran permpuan dalam UMKM tenun Ulos.

Sebelumnya, Ketua Dekransada Provinsi Sumatera Utara, Nawal Lubis Edy Rahmayadi dalam sambutannya, mengatakan, mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh KPw BI Sibolga, dengan mengangkat potensi daerah-daerah baik itu dari sektor Pariwisata, UMKM, dan juga hasil tenun. Barang tentu semua potensi itu menjadi kebanggaan dari Sumatera Utara yang mampu meningkatkan perekonomian daerah jika dikekola dengan baik.

Dalam acara pembukaan Festival ini, Kepala Kantor Perwakilan BI Sibolga, Aswin Kosotali menyerahkan secara virtual bantuan UMKM kepada kelompok tenun binaan BI Sibolga.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021