Konsultan Media Internasional, Frans Padak Demon pada webiner Literasi Digital untuk Kabupaten Deli Serdang, Rabu, 25 Agustus 2021, Jam 13.00 WIB, mengangkat materi dengan tema Tips dan Kiat berinternet Secara Sehat.

Frans membahas sehat berinternet dengan nyaman, bertanggungjawab, dan aman. Nyaman di internet, dengan cara jaga jarak anatara mata dengan gawai, gunakan filter atau pelindung anti silau, serta lalukan istirahat pendek dengan melakukan peregangan atau senam ringan. 

Aman di internet, mencakup hindari spam, waspada terhadap malware dan spyware, hati-hati dalam mengklik tautan atau software yang ditawarkan, hati-hati dengan phising, serta gunakan keamanan internet untuk menggabungkan antivirus, firewall, dan deteksi penyusupan. 

Baca juga: Memahami pentingnya data pribadi

Tips menjaga privasi online, antara lain gunakan password yang kuat dan ganti secara berkala, aktifkan autentikasi dua langkah, hindari penggunaan wifi publik, serta gunakan search engine yang tidak melacak dan mengumpulkan aktivitas internet.


Sementara Ria "Warna" (Penyanyi dan Konselor) dalam pemaparannya menjelaskan digital skill yang perlu dimiliki, antara lain kemampuan digital yang paling dasar, berkomunikasi dengan sesama, bertransaksi, menangani informasi dan konten, memecahkan masalah, serta keamanan dan legalitas online. 

Kemampuan digital yang paling dasar seperti mampu menggunakan teknologi digital dasar seperti browser. Berkomunikasi dengan sesama seperti mengirim email yang aman menggunakan lampiran dan berpartisipasi dalam media sosial. 

Menangani informasi dan konten, meliputi menggunakan search engine, memahamni bahwa tidak smeua konten dapat dipercaya, serta mengakses konten anti peranti.  Bertransaksi dengan cara membuat akun yang digunakan untuk belanja online, menggunakan berbagai metode pembelajaran online yang aman, serta mengisi formulir online.

Memecahkan masalah dengan cara menemukan solusi untuk masalah dengan menggunakan tutorial, menemukan solusi malalui software, serta memperbaiki produktifitas. 

Keamanan dan legalitas online, dengan memahami cara terbaik untuk menyimpan data atau membagikan data, memperbarui dan menyimpan password dengan aman, serta mengantisipasi virus peranti. 

Cara meningkatkan digital skill, antara lain membaca buku atau artikel, menonton youtube, mencari guru, mengambil kursus, menjadi analitikal, bersosialisasi, menggunakan hobby, serta mengikuti event.


Webinar diakhiri, oleh Joshephine Kerin B.A., M.SC (Konten Kreator dan Influencer dengan Followers 13,1 Ribu). 

Kerin menyimpulkan hasil webinar dari tema yang sudah diangkat oleh para narasumber, berupa cara meningkatkan digital skill, antara lain membaca buku atau artikel, menonton youtube, mencari guru, mengambil kursus, menjadi analitikal, bersosialisasi, menggunakan hobby, serta mengikuti event. 

Tips menjaga privasi online, antara lain gunakan password yang kuat dan ganti secara berkala, aktifkan autentikasi dua langkah, hindari penggunaan wifi publik, serta gunakan search engine yang tidak melacak dan mengumpulkan aktivitas internet.

Media sosial dalam merawat toleransi, dengan cara menggunakan kebebasan yang diberikan untuk melakukan interaksi dan berekspresi dengan tetap memperhatikan martabat manusia lainnya.

Setiap orang mempunyai kesempatan yang sama dalam menyampaikan pendapat maupun berekspresi tanpa ada diskriminasi, serta media sosial digunakan sebagai saluran informasi terkait permasalahan sosial, budaya, ekonomi dan politik yang kemudian menimbulkan empati dan simpati hingga tercapainya solidaritas sosial. 

Regulasi konten terdapat pada Undang-Undang ITE pasal 28 ayat 2, setiap orang dilarang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).


 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021