Pemprov Sumatera Utara memberikan penghargaan kepada 50 insan olahraga, baik atlet maupun pelatih pada puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 tahun 2021 tingkat provinsi Sumatera Utara.

Berlangsung di Halaman Wisma Atlet Pemprovsu, Jalan Pancing Medan, Minggu (19/9), satu per satu insan olahraga baik difabel maupun non difabel menerima piagam berupa medali dan sertifikat yang diberikan langsung oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, serta Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting.

Selain atlet dan pelatih, penghargaan juga diberikan kepada dosen olahraga, instruktur olahraga, psikolog, pembina olahraga dan jurnalis olahraga.

Penghargaan ini sebagai tanda penghormatan sekaligus reward pemerintah kepada insan olahraga yang memberikan sumbangsih bagi daerah, baik melalui capaian prestasi maupun peran aktif mereka dalam pembinaan olahraga di Sumut.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam kesempatan itu mengatakan, penghargaan ini sebagai salah satu bentuk perhatian Pemprov Sumut kepada atlet yang telah berjuang keras demi meraih medali baik bagi daerah maupun nama Indonesia di kejuaraan nasional serta internasional.

“Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi motivasi bagi mereka untuk bisa tampil lebih baik di kejuaraan selanjutnya. Jaga martabat olahraga Sumut dengan menjadi nomor satu di kejuaraan apapun,” katanya.

Atlet para powerlifting NPC Sumut, Nurtani Purba yang turut menerima penghargaan, mengatakan dirinya mengapresiasi kepedulian Pemprov Sumut terhadap prestasi yang telah dicapai para atlet.

Atlet peraih perak di Asian Para Games 2018 ini juga mengucap syukur saat ini pemerintah tidak lagi membeda-bedakan hak antara atlet difabel dengan atlet non difabel.

“Penghargaan ini sungguh terharu, bangga, Pak Gubernur tidak pilih kasih, sama rata atlet normal dengan atlet difabel. Semoga Pak Gubernur selalu sehat, dan selalu mendukung atlet Sumut terutama juga kami atlet difabel,” katanya.

Hal yang sama juga dikatakan atlet para tenis meja, Sofyan yang akan berlaga di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas). Penghargaan ini tentu menambah rasa percaya diri dan motivasi bagi Sofyan dan rekan sesama atlet NPC untuk tampil maksimal di Peparnas yang akan berlangsung November mendatang.

“Penghargaan ini memacu untuk lebih baik lagi ke depannya. Apalagi ini mau berangkat ke Peparnas Papua. jadi, kita dan teman-teman semangat untuk meraih medali emas,” ujar Sofyan.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021