Chairwoman of Sobat Cyber Indonesia, Virna Lim, pada webiner Literasi Digital untuk Kabupaten Asahan, Jumat (18/8/2021) memaparkan soal tips aman belanja online.

Tips yang diberikan Virna agar aman belanja online antara lain situsnya dapat dipercaya, baca dengan cermat kebijakan situs belanja, waspada dengan barang murah, baca deskripsi dahulu, pilih pembayaran yang paling aman, simpan bukti transaksi dan selalu gunakan perangkat pribadi.

Ia mengatakan di saat Pandemi COVID-19 membawa dampak perubahan yang sangat signifikan terhadap dunia online, salah satunya adalah peningkatan terhadap belanja online. 

Kenapa harus online shop? Karena murah, mudah dan praktis tetapi tetap dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk menipu di platform belanja online. 

Baca juga: Harus pintar dalam memanfaatkan dunia digital

Webiner dilanjutkan oleh Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) Dr. Asril Pramutadi yang membawakan Kecakapan Digital dengan tema Positif, Kreatif dan Aman di Internet.

Dalam pemaparannya, Asrul menjelaskan Positif itu adalah belajar secara terus menerus, Menjadi seorang ahli, menciptakan hal yang rutin setiap pagi dan Mempunyai rencana strategi. 

Kreatif lanjut Asrul adalah belajar sesuatu yang baru, belajar dari orang sukses, menjadi seorang yang bisa mengatasi masalah, mendokumentasikan, mengambil foto foto, dan mengumpulkan, terbuka dan sadar, selalu optimis, antusias dan selalu bersemangat. 

Terakhir adalah Aman yaitu selalu waspada, selalu positif, saling menghargai dan bijak.

Narasumber terakhir pada pilar Etika Digital oleh Abdul Karim (Dosen AMIK STIEKOM Sumatera Utara). Azmy dengan mengangkat tema “Etika Pelayanan Dalam Berbisnis Digital.

Abdul menjelaskan etika dalam berbisnis di online antara lain sikap santun dan ramah kepada pembeli, membalas semua pertanyaan, tidak menyalahgunakan data pembeli, jujur dalam menulis deskripsi barang yang dijual, membungkus (packing) yang rapi. 

Menurut Abdul, hal ini karena bisnis tidak hanya bertujuan untuk profit melainkan perlu mempertimbangkan nilai-nilai manusiawi, apabila tidak akan mengorbankan hidup banyak orang, sehingga masyarakat pun berkepentingan agar bisnis dilaksanakan secara etis.

Bisnis saat ini dilakukan dalam persaingan yang sangat ketat maka dalam persaingan bisnis tersebut, orang yang bersaing dengan tetap memperhatikan norma-norma etis pada iklim yang semakin profesional justru akan menang.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021