Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap bencana alam akibat potensi cuaca ekstrem yang saat ini melanda sejumlah wilayah di Sumut.
 
"Dengan cuaca ekstrem yang sedang berlangsung di sebagian besar wilayah Provinsi Sumatera Utara, menuntut kita untuk selalu waspada dan siap siaga dalam menghadapi bencana yang mungkin terjadi," katanya, saat Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, Medan, Senin (13/9)..
 
Menurutnya, dalam penanganan bencana diperlukan kerja sama dari seluruh elemen melalui koordinasi yang baik sehingga dapat ditangani secara efektif dan responsif dengan mengedepankan rasa empati.
 
Baca juga: Waspadai hujan intensitas lebat di sejumlah wilayah Sumut
 
Untuk itu ia meminta seluruh elemen, baik pemerintah maupun non-pemerintah, untuk siaga dan mengantisipasi segala kemungkinan bencana yang akan terjadi.
 
"Untuk itu bersama dengan aparat TNI, Polri dan unsur terkait lainnya bekerja sama meningkatkan koordinasi dan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi bencana. Ini semua gunanya untuk keselamatan rakyat dan keselamatan jiwa," ujarnya.
 
Ia menyebut bahwa Provinsi Sumut menduduki urutan ke-16 dari 19 provinsi yang berada dalam kelompok kelas risiko tinggi bencana berdasarkan data indeks risiko bencana Indonesia pada Tahun 2020.
 
"Kita ketahui bahwa daerah utara di Sumut adalah daerah yang terpotong-potong, mudah terjadi banjir bandang, terkhusus cuaca saat ini. Untuk itu kita harus selalu siaga," katanya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021