Pemerintah Kota Medan memprioritaskan program vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil yang saat ini berjumlah sebanyak 8.078 orang.

"Pemkot Medan akan membuat serbuan vaksinasi khusus ibu hamil dalam waktu dekat ini," terang Wali Kota Medan, Bobby Nasution di Medan, Kamis (2/9).

Ia melanjutkan, Pemkot Medan akan berupaya untuk mendapatkan rekomendasi pemerintah pusat yang menerangkan ibu hamil dan janinnya aman divaksin COVID-19.

Baca juga: Pemkot Medan targetkan testing 23.170 orang per hari

Wali Kota mengatakan percepatan vaksinasi ini diharapkan daerah ini bisa keluar dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 dengan kekebalan tubuh semakin terwujud.

"Dari data setidaknya ada 27.140 orang ibu hamil di Medan. Di antaranya 10.124 ibu hamil diperbolehkan divaksin sesuai kriteria usia kehamilan 14 hingga 33 minggu," kata Bobby.

"Namun hanya 8.078 orang ibu hamil yang bersedia, dan berkenan mendapatkan suntikan vaksin di Kota Medan," jelas Wali Kota.

Pemprov Sumatera Utara telah mencanangkan dan mempercepat vaksinasi ibu hamil agar terhindar dari terinfeksi COVID-19, karena banyak menyebabkan kematian.

"Vaksinasi ini merupakan salah satu upaya agar ibu hamil terhindar penyebaran virus Corona. Tetapi ibu hamil harus terus menerapkan protokol kesehatan 5M," tutur Plt Kadis Kesehatan Sumut, dr Aris Yudhariansyah.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021