Perum BULOG Sumatera Utara terus melakukan operasi pasar (OP) atau ketersediaan pasokan dan stabilitas harga (KPSH) beras untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok utama itu di pasar.

"Memang harga beras khususnya jenis medium di pasar Sumut masih stabil atau di kisaran Rp8.000 - Rp10.000 per kg, namun kestabilan harga perlu terus dijaga sehingga BULOG melakukan KPSH atau OP," ujar Pemimpin Wilayah Sumut Perum BULOG, Arif Mandu di Medan, Senin (30/8).

Harga beras kualitas medium di pasar yang sekitar Rp8.000-an hingga Rp9.000-an per kg masih di bawah harga eceran tertinggi (HET) yang sebesar Rp9.950 per kg. Beras medium di gudang BULOG dijual Rp8.600 per kg.

Baca juga: BULOG Sumut jamin stok gula tetap akan aman

Menurut dia, penyaluran beras OP/KPSH pada Januari hingga 27 Agustus sudah sebanyak 5.667 ton.

"OP/KPSH beras tidak hanya dilakukan saat harga beras naik, namun secara berkala agar kestabilan harga beras itu bisa terjaga baik di Sumut," katanya.

OP/KPSH khususnya dilakukan saat mendekati hari libur keagamaan, musim hujan dan saat harga bahan pokok lainnya naik yang bisa juga ikut mendorong kenaikan harga beras.

Dia memberi contoh, seperti saat ini musim hujan dan angin kencang yang bisa mengganggu produksi beras.

Arif menjelaskan, selain beras medium, BULOG Sumut juga menggelontorkan beras kualitas premium guna semakin memperbanyak ketersediaan bahan pokok utama itu.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021