Gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Mandailing Natal merilis jumlah konfirmasi Corona Virus Disease (COVID-19) di kabupaten itu mencapai 100 kasus lebih.

Berdasarkan update data perkembanganan penanganan COVID-19 yang dikeluarkan Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Madina, Senin (3/8) jumlah warga yang terkonfirmasi positif sudah mencapai 101 orang. 

Jumlah ini mengalami kenaikan sebanyak 21 kasus bila dibandingkan dari hari sebelumnya yang masih 80 kasus.

Baca juga: Minim infrastruktur, jalan menuju Banjar Lancat memprihatinkan

Merujuk pada jumlah tersebut, sejak bulan Januari 2021 hingga saat ini jumlah positif komulatif  telah mencapai 378 kasus. Sedangkan pasien sembuh tercatat 265 orang dan untuk tingkat kematian  mencapai 33 orang. 

Adapun ke 101 orang terkonfirmasi tersebut 3 orang berada di Kecamatan Siabu, 87 orang di Kecamatan Panyabungan, 1 orang di Kecamatan Puncak Sorik Marapi, 5 orang di Kecamatan Kotanopan, 1 orang di Kecamatan Muara Sipongi, 1 orang di Kecamatan Sinunukan dan 3 orang di Kecamatan Natal.

Tetap berkerumun

Meskipun angka terkonfirmasi ini terus mengalami kenaikan namun tingkat kesadaran masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) masih minim.

Kegiatan kerumunan masyarakat seperti pesta pernikahan masih tetap berlangsung tanpa ada pembatasan jumlah undangan, bahkan dibeberapa pesta terpantau sangat sedikit warga yang memakai masker dan tidak ditemukan tempat cuci tangan sebagaimana protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah.

Begitu juga tempat-tempat umum seperti cafe dan rumah makan di ibu kota Panyabungan terpantau ramai dan banyak yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021