Penyebaran Virus COVID-19 makin tak pandang bulu, mulai anak hingga dewasa pun memiliki resiko yang sama terkena pandemi ini.

Indonesia sendiri memulai program vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak berusia 12-17 tahun. Hal itu dilakukan untuk mencegah semakin banyaknya anak-anak yang terinfeksi, lalu mengalami kondisi yang parah dan memerlukan perawatan.

Pelaksanaan suntik vaksin anak berusia 12-17 tahun dilaksanakan setelah keluarnya izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). 

Oleh karenanya salah satu apartemen yang terletak di titik nol Kota Medan, yakni Apartemen Vasaka The Reiz Condo Medan pun menggalakkan vaksin untuk anak yang berusia 12-17 tahun.

Berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kota Medan membuat acara ini berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat. Program vaksinasi COVID-19 untuk anak berusia 12-17 tahun ini dijalankan dengan menggunakan vaksin Sinovac produksi PT. Biofarma.

Pada kelompok anak, dosis vaksin COVID-19 ini diberikan sebanyak 0,5 ml sebanyak 2 kali. Pemberian vaksin jarak atau interval minimal 28 hari. “Acara vaksinasi anak ini kami lakukan dalam memperingati hari anak yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2021 lalu, harapannya kami dapat berkontribusi dalam penekanan angka penyebaran virus setidaknya di lingkungan apartemen Vasaka The Reiz Condo. Sehingga penghuni dapat tinggal dengan lebih nyaman lagi,” Tutur Haryo Jatikusumo selaku Marketing & Sales Manager Apartemen Vasaka The Reiz Condo Medan, Rabu (28/7).

Hal ini juga dikemukakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kota Medan Dr Syamsul Nasution dan drg Polita Nasution selaku Kepala Dinas Pegendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

“Kami sangat berterima kasih kepada Vasaka The Reiz Condo karena telah membantu Dinas Kesehatan Kota Medan untuk mendukung percepatan vaksinasi untuk anak, harapan kami dengan dilakukannya vaksinasi ini dapat membentuk herd immunity. Dengan terbentuknya herd immunity, insya Allah penyebaran virus corona dapat diatasi,” ujarnya.

Adapun syarat untuk vaksin COVID-19 bagi anak usia 12-17 tahun kurang lebih sama dengan orang dewasa, yakni harus membawa kartu keluarga (KK) atau dokumen lain yang mencantumkan nomor induk kependudukan (NIK) anak.

Selanjutnya, pencatatan peserta vaksinasi dimasukkan dalam aplikasi PCare sebagai kelompok remaja, tubuh dalam kondisi sehat, tidak demam, batuk atau pilek, serta tekanan darah normal.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021