Pengurus Wilayah RTIK Indonesia, Jumadi S.Pd  memaparkan fungsi digital skill pada sosial media sebagai alat komunikasi, alat penyimpanan dan alat dagang. 

Hal itu ia smapaikan pada webiner Literasi Digital untuk Kabupaten Padang Lawas, Senin, 19 Juli 2021. Jumadi memaparkan tema “Pentingnya memiliki Digital Skill di Masa pandemi"

Ia mengatakan manfaat dalam bisnis secara online ialah pelanggan dimudahkan, promo berlimpah, saling bantu sesama, dan sosial proff. 

Membangun jejak digital dari sekarang dimulai dari narasikan diri dan aktivitas kita, buat konten sesuai kemampuan dan audiens. 

Baca juga: Praktisi IT Muhtadi paparkan tips membuat konten menarik

Rumus survive dimasa pandemi menurut Jumadi, berfikir kritis dan pemecah masalah, kreatif dan inovatif, komunikasi, dan kolaborasi.

Dilanjutkan dengan sesi Keamanan Digital oleh Tiro Sanchabachtiar (Founder Planet Design Indonesia). 

Dalam pemaparannya, Tiro menjelaskan keamanan digital meliputi, password atau PIN apapun, nomor identitas, dan nomor kartu kredit. 

Cara untuk menjaga keamanan digital diantaranya, mempunyai password atau PIN dengan dua sampai tiga kombinasi yang unik dan bisa dihafal untuk diberbagai media sosial, email, dan bank online. 

Jangan sampai salah atau terlalu susah membuat PIN karena jika salah dalam memasukan PIN sebanyak tiga kali dapat mengakibatkan kartu kredit terblokir.

Keamanan unggah foto dan data pribadi dengan cara, tidak unggah foto KTP, SIM, passport, tiket pesawat, atau segala dokumen yang tertera nomer, kode, atau QR khusus. 

Tidak unggah foto vulgar atau terbuka baik anak kecil maupun dewasa karena, foto-foto tersebut dapat beredar dimana saja dan kapan saja. 

Kecanggihan teknologi dapat memanfaatkan data khusus tersebut untuk dimanipulasi menjadi pemalsuan bahkan bahan fitnah. Masyarakat tidak boleh lalai pada dunia maya.

Webinar diakhiri oleh Aliah Lestari Sayuti (Influencer dengan followers 326 Ribu). 

Aliah menyimpulkan hasil webinar dari tema yang sudah diangkat oleh para narasumber berupa, membangun jejak digital dari sekarang dimulai dari narasikan diri dan aktivitas kita, buat konten sesuai kemampuan dan audiens. 

Cara untuk menjaga keamanan digital diantaranya, mempunyai password atau PIN dengan dua sampai tiga kombinasi yang unik dan bisa dihafal untuk diberbagai media sosial, email, dan bank online.

Menggunakan media sosial dengan memahami multikulturalisme secara bijak dengan cara, biasakan mendengar dan melihat terlebih dahulu jika terjadi interaksi komunikasi antar budaya baik di dunia nyata maupun di dunia maya dan berkata jujur dan meminta pengertian lawan berkomunikasi jika tidak memahami apa yang disampaikan. 

Serta, Cara berinteraksi dengan kejujuran, ketepatan, loyalitas, dan disiplin. Sedangkan cara kolaborasi dengan subjek persetujuan dan kehendak bebas, pencipta karya dengan memperhatikan konsekuensi, kebaikan sosial, dan kesengajaan, serta audiens yang memperhatiakn kebaikan sosial dan kesengajaan.



 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021