Co-Founder Literacy Institute of Sumatera, Asep Safa'at Siregar memberikan sejumlah tips untuk mengenali berita palsu.

Hal itu ia sampaikan pada webiner Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementeriatn Kominfo, Selasa,  6 Juli 2021 di Tapanuli Selatan.

Asep menjelaskan ciri-ciri berita palsu diantaranya, judul yang provokatif dan sebuah kesimpulan, sumber berita tidak jelas dan tidak valid, judul tidak ditemukan di mesin pencarian google, pesan berantai, dan ada ajakan sebarkan, bagikan sebanyak-banyaknya. 

Jangan terlalu menyimpulkan dan bacalah berita sampai tuntas.

Sementara Ketua Umum MD KAHMI Padang Sidempuan, Khairuddin Nasution pada  sesi Digital membahas media sosial pada demokrasi dan toleransi, selain dalam pemilu, apresiasi masyarakat dalam media sosial juga memberi perkembangan dalam pelaksanaan demokrasi. 

Demokrasi dan toleransi dapat membentuk kemungkinan sikap antara lain, sikap untuk menerima perbedaan, mengakui hak orang lain, mendukung secara antusias terhadap perbedaan budaya serta keragaman ciptaanTuhan Yang Maha Esa, dan mengubah penyeragaman menjadi keragaman.

Sesi Digital Skill, oleh Muhtadi Zubeir (Praktisi IT-RTIK). Muhtadi memberikan materi dengan tema "Pentingnya Digital Skills yang Anda Kuasai di Era Milelenial.

Muhtadi memaparkan materi digital skill yang harus dikuasai meliputi, skill untuk menjadi netizen yang beradab, skill untuk melakukan digital learning, skill untuk memanfaatkan media digital untuk mencari pemasukan, dan skill berbahasa Inggris. 

Tiga bahaya kecanduan gawai diantara lain, merampas waktu produktif, membuat perhatian semakin pendek, juga membuat sulit fokus dan membangun konsentrasi yang dalam.

Langkah untuk digital detox adalah jauhi digital distraksi, jalani hobi yang membuat lupa gawai, dan un-install aplikasi yang dapat membuang waktu produktif.

Webinar diakhiri oleh Agnes Aditya Rahajeng (Infuencerdengan followers 17,4 ribu). Agnes menyimpulkan bahasan tema dari para nara sumber berupa harus lebih berhati-hati dalam menerima berita.

Harus pintar memilah berita yang penting dan akurat, mau belajar lebih untuk mengetahui dunia digital, dan berhati-hati dalam menjaga data diri di media sosial.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021