Dosen Politeknik Negeri Jember dan RTIK Jember, Muhammad Yunus memberikan tips agar positif, aman dan kreatif dalam berinternet yaitu hargai privasi dan hak cipta, validasi link mencurigakan, hindari install aplikasi sembarangan, selalu update software, waspadai peniru identitas, pastikan jaringan internet aman.

"Gunakan password yang kuat, gunakan verifikasi dua langkah, tidak mengakses konten ilegal dan hindari menyimpan password otomatis di browser atau aplikasi," katanya.
 
Hal itu ia sampaikan pada webiner Literasi Digital oleh Kementerian Kominfo dengan menghadirkan pembicara kunci Bupati Kabupaten Samosir yaitu  Vandiko T. Gultom, ST. Kegiatan itu merupakan bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Sumatera II Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Rabu (30/6)

Baca juga: Pentingnya memiliki digital skill di masa Pandemi

Lebih lanjut Muhammad mengatakan, tips aman berinternet adalah jangan asal klik, beri kata sandi yang aman, menjaga data dengan folder yang terkunci. 

"Untuk tips aman bagi anak berinternet saat pandemi, antara lain komunikasi, manfaatkan fitur perlindungan, temani anak saat berinternet, beri ruang untuk anak berekspresi," katanya.

Sementara Rahmat Humala P. Hasibuan selaku Relawan TIK & Dewan Pengurus ID Institute mengatakan teknologi digital itu dapat beruntung bila dimanfaatkan, rugi bila diabaikan dan celaka bila disalahgunakan. 

Kecanduan Internet sebagai dampak penggunaan secara tidak sehat dan penyalahgunaan Teknologi Digital. Menurut Rahmat, dalam digital platform ada kecanduan media sosial, kecanduan belanja online atau kecanduan game. 

Ciri ciri umum kecanduan internet diantaranya selalu berfikir untuk bermain internet, tidak nyaman apabila tidak berinternet, selalu gagal apabila mencoba untuk menghindari internet, tetap bermain 

Internet secara bersembunyi walaupun sudah dilarang, internet adalah sebagai pelarian dan sebagainya. 

Resiko kecanduan internet antara lain kurang tidur, waktu yang terbuang, stres meningkat, gelisah, kurang fokus, kontak sosial berkurang dan lain lain. 

Untuk mengurangi kecanduan, lakuan kegiatan lain seperti berolah raga, disiplin dalam menggunaan internet, dan buat komitmen no gadget area. 
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021