Seorang ibu sujud syukur saat Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kota Medan membagikan 100 karung beras kepada warga di Jalan Gurilla, Kecamatan Medan Perjuangan, Jumat (25/6/2021).

Aksi spontanitas tersebut terjadi ketika wanita yang mengenakan baju gamis oranye tersebut meminta bantuan modal untuk usahanya kepada Ketua Bapera Kota Medan, Fakar Suhartami Pratama.

Fakar yang hadir pada pembagian beras tersebut pun langsung mengambil uang dalam dompetnya dan memberikan kepada ibu tersebut. Spontan, wanita itu langsung sujud syukur dan menangis.

Ia terus mengucapkan terima kasih kepada Fakar yang saat itu berada di atas panggung menyampaikan kata sambutannya. "Ibu jangan lupa sedekah ya," ucap Fakar kepada wanita tersebut.

Wanita itu pun menjawab bila hal tersebut memang sudah diniatkannya, untuk bersedekah. "Iya, pulang dari sini saya langsung sedekah. Ada masjid yang sedang dibangun," akunya.

Hal itu terjadi saat wanita tersebut yang meminta bantuan modal untuk membuka usahanya. Ada pun modal yang diminta wanita yang memakai masker medis tersebut sebesar Rp1 juta. Permintaan itu spontan dikabulkan Fakar.

Pemilik fakartrading.com tersebut mengambil uang di dalam tas yang dibawanya. Ternyata diketahui, Fakar memberikan uang tersebut melebihi dari permintaan, yakni Rp2 juta.

Fakar Siapkan Program Bapera Medan Dorong Pengembangan UMKM
Untuk ke depannya, Fakar mempunyai misi yang lebih kreatif dan terhindar dari tindakan pungutan liar (pungli). Hal ini juga dapat mendongkrak UMKM yang ada di setiap kecamatan.

"Visi misi Bapera Medan yang utama adalah bukan ormas berbau pungli, nggak zaman lagi kayaknya (pungli). Ormas di sini itu aku ajarin dua generasi, ada namanya era kolonial sama era milenial," ucapnya.

"Era milenial saya bakal ajarin anak-anak milenial bagaimana cara mendapatkan uang secara digital. Di era kolonialnya merekalah bapak-bapak atau ibu-ibu yang bakalan mengeksekusi atau merealisasikan UMKM yang akan berjalan nanti, per setiap titik kecamatan," kata Fakar lagi.

Fakar menambahkan, dirinya akan membuat pelatihan cara mendapatkan uang secara digital, kepada kaum milenial. “Bapera bakalan buat pelatihannya untuk milenial. Itu saya sendiri yang pegang, untuk UMKM sendiri saya dibantu sama teman-teman juga itu tadi,” pungkas Fakar.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021