Bupati Mandailing Natal, Drs Dahlan Hasan Nasution menegaskan untuk menekan laju perkembangan COVID-19 di kabupaten itu butuh kepedulian dan kesadaran bersama  untuk menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Hal tersebut disampaikan Bupati dalam rapat koordinasi menyikapi instruksi Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi nomor 188.54/4/INST/2021 tentang pembatasan kegiatan masyarakat dalam rangka pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVI-19) di posko Satgas Bagas Godang, Saba Purba Kecamatan Panyabungan, Rabu (16/6).

Baca juga: PT SMGP buka lowongan kerja, ini posisi dan syaratnya

Dalam rapat yang juga dihadiri oleh Forkopimda itu kepada petugas dan pimpinan OPD juga diminta agar memberikan contoh kepada masyarakat terkait penerapan Prokes.

"Untuk kedepannya saya berharap kenaikan angka positif COVID-19 di Madina dapat kita turunkan hingga kembali ke era normal. Buat contoh yang baik, ajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan,” pintanya.

Terkait program vaksinasi yang sedang berlangsung, Kepala Dinas Kesehatan juga diminta agar segara mempersiapkan perencanaan yang matang dan memproritaskan penerima vaksin untuk tenaga pendidik, ulama, pendeta.

“Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk program vaksin ini perlu kita ubah sistimnya, saya sarankan kepada Kadis Kesehatan agar mempersiapkan vaksinasi pertama kepada tenaga didik, ulama dan para pendeta karena merekalah yang terjun langsung dan sudah menjadi kepercayaan di tengah masyarakat,” pesan Dahlan.

Sekadar Informasi, sesuai dengan update data perkembangan penanganan COVID-19, Selasa (15/6) jumlah orang yang terkonfirmasi berjumlah 35 orang, suspek enam orang, probable nihil dan kontak erat 38 orang.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021