Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Desa Pasar Rawa Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat, masuk nominasi peraih Kalpataru tahun 2021 untuk mewakili Sumatera Utara.

Para pengurus Lembaga Pengelola Hutan Desa Pasar Rawa Kecamatan Gebang itu diterima Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Wakil Bupati Langkat Syah Afandin, di Stabat, Rabu (9/6).

Ketua Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Desa Pasar Rawa Kecamatan Gebang Rudi Irwan Syahputra didampingi Kaepala Desa Pasar Rawa Bambang AS menyampaikan beberapa waktu yang lalu mereka telah dilakukan penilaian oleh tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan masuk nominasi untuk meraih Kalpataru.

Baca juga: Polres Langkat "rebus" tiga kilogram sabu-sabu

Untuk itu kita berharap dan memohon dukungannya dari Pemkab Langkat agar apa yang kita inginkan itu dapat tercapai, kata Rudi.

"Ini dalam persiapan masuk nominasi Kalpataru Tingkat Nasional mewakili Sumatera Utara untuk tahun 2021, dibidang penyelamat lingkungan," sambungnya.

"Dimana Desa Pasar Rawa memiliki hutan mangrove yang di kelola LPHD, sekarang terus kita hijaukan dengan tanaman mangrove," sebutnya. 

Selain mengelola LPHD, juga telah berhasil meyelamatkan hutan mangrove, dari alih fungsi perkebunan kelapa sawit kembali menjadi hutan mangrove.

Bahkan keberhasilan itu, sudah ditinjau langsung Kementerian Lingkungan  Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Wakil Bupati Syah Afandin sangat mengapresiasi LPHD Desa Pasar Rawa, Kecamatan Gebang, serta siap memberikan dukungan masuk nominasi penerima penghargaan Kalpataru dari Kementrian LHK tingkat nasional tahun 2021 mewakili Sumut. 

"Semoga berhasil, hingga berdampak pada peningkatan ekonomi kemasyarakatan," ungkap Afandin.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021