Bupati Asahan, H Surya BSc mengintruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengikuti Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) RPJMD Asahan 2021-2026 sampai selesai.

"Kalau masih mau bersama kami, Bupati dan wakil Bupati Asahan, OPD ikuti acara sampai selesai," tegas Bupati saat membuka Musrenbang Asahan, Rabu (02/06/21) di aula Melati Pemkab setempat.

Surya menjelaskan penegasan tersebut karena OPD salah satu ujung tombak untuk mewujudkan visi dan misi Pemkab Asahan dan kebijakan pembangunan nasional dan Sumut. 

Dalam musrenbang tersebut OPD juga diminta komitmennya dalam menyusun RPJMD sehingga akan menghasilkan program yang berkualitas. " OPD harus aktif agar bisa mewujudkan program pembangunan," ujar Surya dihadapan seluruh OPD serta seluruh camat.

Sementara itu, sambutan Gubernur Sumatera Utara, Edi Rahmayadi yang disampaikan oleh Asisten administrasi umum setdaprovsu, Dr Hasmirizal Lubis berharap musrenbang tersebut bermanfaat dalam merumuskan prioritas yang akan dilaksanakan Pemkab Asahan dan dapat merumuskan RPJMD yang lebih konstruktif dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan yang sedang dihadapi.

Baca juga: Kabupaten Asahan akan lakukan vaksin secara massal

Kepala Bappeda Kabupaten Asahan H. Zainal Aripin Sinaga melaporkan bahwa tujuan dari pelaksanaan Musrenbang rancangan RPJMD ini adalah dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD Kabupaten Asahan Tahun 2021-2026.

Beliau juga melaporkan, hasil pelaksanaan Musrenbang rancangan RPJMD ini nanti akan dijadikan sebagai bahan penyempurnaan rancangan akhir RPJMD dan selanjutnya akan disampaikan kepada DPRD Kabupaten Asahan bersama Ranperda RPJMD Kabupaten Asahan Tahun 2021-2026 untuk dilakukan pembahasan dan kesepakatan bersama antara Pemerintah dan DPRD Kabupaten Asahan.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021