Perlombaan Da'i/Da'iyah dan Hafalan Alquran tingkat Tsnawiyah memperebutkan Piala Serma (Serikat Mahasiswa) Tapanuli Selatan di Pesantren Mangaraja Achir Hasibuan, Desa Pargarutan Jae, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan berakhir Selasa (27/4).

Adapun nama-nama para juara pemenang lomba dalam rangka mengisi Bulan Suci Ramadhan 1442 H/2021 M yakni untuk hafalan surah juara pertama atas nama Anni Hidayah Siregar, juara kedua Torkis Hadomuan Rambe dan juara ketiga Ridoansyah.

Untuk Da'i/Da'iyah juara pertama Riska Malasari, juara kedua Nilda Nirmala dan juara ketiga Ulvia. Seluruh para juara membawa pulang piala, Alquran, uang pembinaan plus piagam penghargaan.

Samsuddin Siregar selaku ketua umum Serma Tapsel mengatakan kegiatan lomba dai dan hafalan Alquran ini bertujuan untuk menanamkan kecintaan generasi muda terhadap Alquran di tengah era serba digitalisasi. 

"Kiranya kegiatan lomba seperti ini dapat memotivasi dan lebih menanamkan agar para remaja islami Tapsel khususnya lebih menyukai membaca Alquran dari pada disibukkan dengan membaca gadget bermedia sosial," kata Ricky. 

Sementara ketua panitia Muhammad Nur menyebutkan kegiatan mengusung tema "Meraih kebahagiaan dalam Syiar Indahnya Ramadhan" ini diikuti oleh 40 peserta masing-masing lomba terdiri dari 20 peserta dengan ketentuan usia 13-15 tahun.

Camat Kecamatan Angkola Timur Ricky H Siregar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada DPP Serma Tapsel yang begitu peduli untuk mewujudkan remaja cinta Alquran disamping memotivasi organisasi remaja berbuat hal yang sama.

Hafalan Alquran yang dilombakan yaitu mulai juz satu hingga 30 juz sementara para dai - daiyah diberikan tema bebas yang waktunya 5-8 menit.

Kegiatan ini juga dihadiri Kadis PUPR Tapsel, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan. Kegiatan ini digelar selama mengisi Ramadhan 1442 H untuk kali kedua setelah sebelumnya dilaksanakan di Desa Huraba, Kecamatan Batang Angkola wilayah setempat.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021