Perum Bulog Sumut sudah menambah stok gula untuk daerah itu sebesar 500 ton guna memenuhi permintaan konsumen yang melonjak di bulan Puasa Ramadhan 2021.

"Tambahan gula 500 ton sudah masuk ke Sumut sehingga ada total stok 557, 20 ton, "ujar Pemimpin Wilayah Sumut Perum Bulog, Arif Mandu di Medan, Minggu.

Stok gula sebanyak 557,20 ton itu masing-masing sebanyak 556,02 ton di gudang Bulog dan 1,18 ton di pusat - pusat distribusi Bulog Sumut seperti Rumah Pangan Kita (RPK).

Stok itu dianggap mencukupi untuk memenuhi kebutuhan gula konsumen Sumut, apalagi selain dari Bulog, gula produksi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II dilaporkan cukup banyak.

Baca juga: Bulog Sumut bersiap tambah stok daging kerbau beku 28 ton

Stok gula yang mencukupi diharapkan terus membantu menjaga kestabilan harga gula di pasar atau sesuai harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp12. 500 per kg seperti kondisi saat ini.

Dengan harga gula yang stabil maka inflasi bisa terjaga baik.

Dia menyebutkan, harga jual secara "online" gula Bulog dengan merek Manis Kita juga lebih murah.

"Bulog siap menambah stok kalau diperlukan dan operasi pasar kalau juga dibutuhkan. Yang pasti stok gula Bulog cukup aman untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Sumut, " ujar Arif Mandu.
 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021