Sejumlah qari-qariah para juwara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 53 tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) tahun 2021 mendapat pelatihan.

"Mereka dilatih LPTQ sehari, di Aula Budi Luhur Padang Sidempuan selebihnya TC secara online," kata Kepala Kantor Kemenag Tapsel Drs H Ihwan Nasution juga pengurus LPTQ Tapsel, Jumat (9/4).

Baca juga: Bupati Tapsel sebut sinergi penting dalam penanganan karhutla

Ia mengatakan, yang dilatih itu para juara 1,2 dan 3 seluruh mata lomba yang dilombakan pada MTQ ke 53 oleh Lembaga Pengembangan Tilawatir Quran (LPTQ).

"LPTQ merasa bertanggungjawab bagaimana agar kulitas para juara dapat di asah agar lebih maksimal sekaligus persiapan diri mengikuti MTQN tingkat Sumatera Utara 2021 biar lebih mantap," katanya. 

Palit Harahap dan Ihkwan Lubis dari LPTQ Sumatera Utara juga berharap dengan adanya pelatihan baik online maupun offline nantinya menjadikan duta-duta qari-qariah Tapsel semakin terasah kemampuannya dengan harapan juara hingga di tingkat Nasional. 

Lebih jauh LPTQ Sumatera Utara dan Tapsel berharap kiranya agar masa depan pendidikan para juara-juara MTQ dapat lebih diperhatikan kedepan. Seperti bebas dapat bea siswa dan bebas testing masuk Perguruan Tinggi Negeri. 

"Pemkab Tapanuli Selatan juga mengapresiasi LPTQ yang telah turut berpartisipasi dlaam rangka peningkatan kualitas para qari-qariah kita, semoga sukses," kata Kabag Kessoa Tapsel Cos Riady Siregar menambahkan.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021