Pemkab Serdang Bedagai, Sumatera Utara, menggelar vaksinasi COVID-19 tahap kedua pada 7 - 20 April 2021.

Sekdakab Serdang Bedagai M. Faisal Hasrimy di Seirampah, Kamis (8/4), mengatakan vaksinasi itu menyasar kelompok pelayanan publik yang sudah terdaftar di aplikasi Komite Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

"Vaksinasi kedua dilaksanakan di puskesmas yang ditunjuk. Untuk itu kepada para kepala puskesmas untuk dapat mempersiapkan dan melaksanakan vaksinasi bagi para personel pelayanan publik di Serdang Bedagai," katanya.

Baca juga: Bupati Sergai: Belanja di pasar rakyat bisa bangkitkan ekonomi daerah

Adapun sasaran kelompok pelayanan publik di antaranya tenaga pendidik, pegawai pemerintah dan petugas keamanan (TNI, Polri dan Satpol-PP). 

Selain itu beberapa kelompok prioritas juga masuk dalam daftar penerima vaksin kedua ini seperti pedagang pasar, tokoh agama, anggota legislatif, pejabat negara, pegawai publik, petugas transportasi, wartawan pekerja pariwisata serta tenaga kesehatan yang belum menerima vaksin.

Ia menyebutkan sesuai informasi dari Dinas Kesehatan untuk lokasi vaksinasi dilaksanakan di beberapa titik.  Misalnya saja bagi tenaga pendidik dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan, bagi pegawai pemerintah dilakukan di Dinas Kesehatan, dan di tempat-tempat lain yang ditunjuk. 

Baca juga: Pemkab Sergai perbaiki jembatan menuju objek wisata

"Rinciannya bisa dilihat di surat yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan. Target penerima untuk tahap kedua ini sebanyak 78.364 orang dengan total jumlah vaksin yang disiapkan sebanyak 1.538," katanya.

Sekdakab mengimbau agar para kelompok sasaran dalam vaksinasi kedua ini ikut serta berpartisipasi dan menyukseskan program nasional pemerintah ini.

“Yang perlu diingat, vaksinasi tidak serta merta membuat kita kebal penuh terhadap virus, sehingga masyarakat yang nantinya sudah menjalankan vaksinasi tahap kedua mesti tetap menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021