Sebanyak 185 orang Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) tahun 2020 yang tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci Makkah menunaikan ibadah haji mendapat vaksin COVID-19.

Pemberian vaksin COVID-19 kepada CJH berasal dari seluruh 15 kecamatan se Tapsel ini dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Tapsel, Jalan Kenanga, Kota Padang Sidempuan, Kamis, (8/4). 

Kepala Kantor Kemenag Tapsel, Drs H Ihwan Nasution di sela-sela pemberian vaksin oleh petugas medis dari Dinas Kesehatan Tapsel ini mengatakan, vaksinasi dalam rangka untuk meningkatkan imun tubuh para CJH. 

Baca juga: Desa Paranjulu Sipirok menuju agrowisata kopi

"Disamping menjalankan program pemerintah, pemberian vaksin ini mengantisipasi imbauan pemerintah Arab Saudi manakala tahun ini para CJH tertunda bisa diberangkatkan menunaikan ibadah haji pada tahun 2021 ini," jelasnya.

Memang, terkait keberangkatan musum haji tahun 2021 ini belum ada aturan baku dari pemerintah pusat melalui Kementerian Agama. "Tetapi tidak ada salahnya kita mempersiapkan lebih dahulu," ujarnya. 

Untuk pasport juga, kata Ihwan, seluruh CJH tertunda 2020 sudah menyerahkannya ke Kemenag Tapsel sebagai persiapan untuk kemudahan proses administrasi bilamana musim haji 2021 jadi dilaksanakan. 

Turut mendapingi Kakan Kemenag Tapsel memantau kegiatan vaksinasi COVID-19 ini Kasubbag Tata Usaha Hilman Siregar, S. Ag dan Kaseksi Penyelenggara Haji dan Umroh Edi Gustian, MA.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021