Bupati Mandailing Natal (Madina), Drs Dahlan Hasan Nasution membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) RKPD untuk tahun 2022 di aula Kantor Bupati setempat, Selasa (23/3).

Dalam Musrenbang yang mengusung tema Peningkatan Perekonomian dan Kesehatan Yang Didukung Dengan Infrastruktur Yang Memadai ini turut juga dihadiri oleh Forkopimda, Kepala OPD, para Asisten, staf ahli dan para Camat yang ada dilingkungan Pemkab Madina. 

Baca juga: Pemkab Madina ajukan 2.645 formasi CPNS dan PPPK, paling banyak tenaga guru

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa tema Musrenbang ini mengandung beberapa kebijakan diantaranya adalah, penguatan struktur daya saing ekonomi, peningkatan kualitas sumber daya manusia, pemantapan infrastruktur dan pemerataan pembangunan, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan mitigasi bencana serta penguatan tata kelola pemerintahan.

"Menyadari pentingnya peranan Musrenbang ini diharapkan kepada seluruh peserta untuk lebih fokus dalam menyusunnya sehingga nanti hasil Musrenbang menjadi lebih terukur, tepat tujuan dan sasaran, sehingga tercipta program-program yang dapat mengatasi permasalahan mendesak untuk diselesaikan,"  harap Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga meminta kepada seluruh OPD agar benar-benar memperhatikan usulan pembangunan yang menyangkut aspirasi masyarakat.

"Menyadari pentingnya peranan Musrenbang diharapkan seluruh peserta untuk lebih fokus dalam menyusun RKPD ini sehingga nantinya lebih terukur, tepat dan tepat sasaran.

Sementara itu, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (Esdm) Provinsi Sumatera Utara, Ir Zubaidi Msi meminta kepada Pemerintah Kabupaten/Kota agar dalam penyusunan prioritas pembangunan RKPD tahun 2020 didasarkan kepada tujuh poin diantaranya adalah, prioritas pembangunan dalam RPJM nasional tahun 2020 - 2024 yang diselaraskan dengan RPJMD Provinsi/Kabupaten/Kota.

Kemudian harus mengacu pada rancangan RKP dan rancangan RKPD Provinsi Sumatera Utara tahun 2022 serta masalah dan tantangan pokok serta isu strategis dan permasalahan yang harus ditangani dalam tahun rencana terukur.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021