Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, kembali erupsi pada Senin (15/3) sekitar pukul 12.00 WIB, di mana abunya teramati dengan ketinggian 700 meter dan warna asap kelabu. 

"Selain itu teramati guguran dengan jarak luncur 500-1.000 meter mengarah ke timur dan tenggara," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin saat dihubungi dari Medan.

Ia menyebutkan, erupsi gunung sangat jelas. Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 100-500 meter di atas puncak kawah.

Cuaca cerah. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat daya dan barat.Suhu udara 16-27 derajat celcius.

Saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi, warga dan petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Selain itu, radius sektoralnya pada lima kilometer untuk sektor selatan-timur dan empat kilometer untuk sektor timur-utara. Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker saat ke luar rumah untuk mengurangi dampak terhadap gangguan kesehatan dari abu vulkanik.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021