Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menyatakan bahwa vaksinasi COVID-19 kepada prajurit TNI di lingkungan Komando Distrik Militer (Kodim) 0201/BS Medan bakal dilangsungkan selama dua hari.

"Kita sengaja buat dua hari, mengingat jumlah Babinsa (Bintara Pembina Desa) yang ada. Apabila dalam satu hari kita buat, maka dikhawatirkan terjadi penumpukan," jelasnya ketika meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 prajurit TNI di Lapangan Benteng Medan, Kamis (4/3).

Ia menerangkan kebijakan itu diambil mengingat jumlah Babinsa di lingkungan Kodim 0201/BS dewasa ini mencapai 500 orang personel, dan mereka bagian dari salah satu petugas pelayanan publik.

Baca juga: Tak perlu unggah sertifikat vaksin ke media sosial

Vaksinasi ini, lanjutnya, diberikan kepada para petugas pelayanan publik, karena prajurit TNI tersebut bersentuhan langsung dengan masyarakat di tempat mereka ditugaskan.

"Dalam sehari-harinya Babinsa ini bersama dengan masyarakat, berkomunikasi dan berada di lapangan bersama masyarakat. Jadi kita khususkan hari ini untuk Babinsa," kata Wali Kota Bobby.

Kepala Staf Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Didied Pramudito, mengklaim, Babinsa divaksin baru di Kota Medan dengan pelaksanaan vaksinasi akan dijadikan percontohan bagi daerah lain.

"Ini yang pertama Babinsa di vaksin, kami seluruh prajurit yang ada di Kodim 0201/BS mengucapkan terimakasih kepada bapak Wali Kota Medan yang telah menyediakan vaksinasi untuk Babinsa," kata dia.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021